Berlian Lady Di untuk Tunangan Pangeran Harry

Selasa, 28 November 2017 – 11:47 WIB
Pangeran Harry dan Meghan Markle Foto: AP

jpnn.com - Pangeran Harry segera melepas masa lajangnya. Tahun depan dia akan menikahi sang kekasih, Meghan Markle. Pengumuman itu disampaikan Clarence House, kediaman resmi Pangeran Charles, Senin (27/11). Beberapa jam kemudian, Harry mengonfirmasi kebenaran kabar gembira tersebut bersama sang tunangan.

Saat muncul berdua di hadapan media yang menanti mereka di Kensington Palace menjelang sore kemarin, status Harry dan Markle adalah tunangan. Awal bulan lalu, diam-diam dua sejoli beda benua itu bertunangan di Kota London, Inggris.

BACA JUGA: Pangeran Harry Rayakan Ultah tanpa Musik, Miras dan Meghan

Pertunangan itu hanya dihadiri keluarga dan orang-orang dekat mereka. Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, kabarnya, juga hadir dan memberikan restu kepada mereka.

’’Sangat senang,’’ kata Harry, lantas tersenyum. Hanya kata itulah yang terlontar dari mulut pangeran 33 tahun tersebut dalam jumpa pers pertamanya setelah bertunangan dengan Markle.

BACA JUGA: Meghan Markle: Pangeran Harry Seperti Gelombang

Di sampingnya, Markle yang anggun dalam balutan coat putih terus menyunggingkan senyum. Kebahagiaan tergambar jelas pada mimik muka dan bahasa tubuh keduanya.

Penampilan Harry dan Markle kemarin melengkapi pengumuman tentang pertunangan serta rencana pernikahan mereka pada musim semi mendatang.

BACA JUGA: Aktris Cantik Ini Akhirnya Buka-bukaan Soal Pangeran Harry

Dalam sesi pemotretan tersebut, cincin tunangan Markle juga menjadi perhatian media. Di jari manis artis Amerika Serikat (AS) itu melingkar cincin bertatah tiga batu mulia.

’’Salah satu batu mulia tersebut berasal dari Bostwana. Di negara itulah mereka menghabiskan liburan berdua beberapa waktu lalu. Dua berlian lainnya merupakan bagian dari koleksi pribadi (ibunya) mendiang Lady Di,’’ cuit Chris Ship, editor ITV News, yang sudah bertahun-tahun menjadi jurnalis Kerajaan Inggris.

Sebenarnya, ketika sang ibunda meninggal, Harry menyimpan cincin pertunangan sang ibu, Lady Diana. Sementara itu, William memilih jam tangan kesayangan ibunya.

Namun, karena William bertunangan lebih dulu, cincin yang disimpan Harry diberikan kepada sang kakak. Kini saat dirinya bertunangan, Harry menggunakan dua berlian yang diambil dari perhiasan sang ibu.

Berbagai reaksi bermunculan. Sebagian besar menyampaikan ucapan turut berbahagia. ’’Ratu dan Duke of Edinburgh (Philip) berbahagia untuk pasangan Harry dan Markle dan mendoakan yang terbaik untuk mereka,’’ terang juru bicara Buckingham Palace kemarin.

Pernyataan serupa disampaikan William dan Kate Middleton, pasangan Duke dan Duchess of Cambridge. Willian dan Kate menyebut Harry dan Markle sebagai pasangan ideal.

Mereka mengungkapkan, pasangan yang sudah berpacaran selama sekitar setahun itu selalu terlihat saling mencintai. Kemarin Charles menyatakan, anak bungsunya sudah mengantongi restu dari orang tua Markle, Thomas Markle dan Doria Ragland.

Saat ini Harry menempati urutan keenam, jika anak ketiga William dan Kate lahir, dalam daftar ahli waris takhta Inggris. Berdasar aturan baku yang berlaku sampai 2015, Harry bakal kehilangan haknya untuk bertakhta sebagai raja karena menikahi Markle yang seorang Katolik.

Namun, konstitusi baru yang diterbitkan pada 2015 telah mengubahnya. Kini para ahli waris takhta Inggris yang menikah dengan seorang Katolik bisa tetap mempertahankan haknya sebagai calon raja.

Markle yang dikenal sebagai artis di Negeri Paman Sam memang tidak tenar di Inggris. Serial drama televisi Suits yang melambungkan namanya di AS juga tidak dikenal publik Inggris. Namun, sejak menjalin kasih dengan Harry, duta internasional yayasan amal anak-anak, World Vision, itu menjadi sosok yang populer di Inggris.

Pernikahan tersebut bakal menjadi yang kedua bagi Markle. Sebelumnya, dia menikah dengan aktor sekaligus produser AS Trevor Engelson.

Sayang, bahtera rumah tangga yang mulai diarungi pada 10 September 2011 itu kandas pada Agustus 2013. Ketika bertemu dengan Harry, Markle sudah menjanda selama tiga tahun.

Jika ditelusuri dari garis keturunan ayahnya, Markle sebenarnya masih saudara jauh Harry. Mereka punya nenek moyang yang sama, Elizabeth dan Richard Bowes. Setelah menikah dengan Harry, dia akan mendapatkan gelar HRH, Her Royal Highness. (AP/Reuters/BBC/hep/c5/any)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Siap-Siap! Kerajaan Inggris Bakal Gelar Royal Wedding Lagi


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler