Bermanuver Politik Menjelang Pilwakot Semarang, Sekda Iswar Aminuddin Dipanggil KASN

Jumat, 12 Juli 2024 – 13:32 WIB
Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin. FOTO: Humas Pemkot Semarang.

jpnn.com, SEMARANG - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) memanggil Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Semarang Iswar Aminuddin untuk dimintai klarifikasi perihal netralitasnya dalam Pilkada 2024.

Pemanggilan itu tertuang dalam surat KASN tertanggal 5 Juli 2024 dengan nomor UND-295/NK.01.00/07/2024 terkait undangan klarifikasi dan koordinasi.

Surat yang tersebar di layanan perpesanan itu menyatakan bahwa KASN berwenang meminta informasi dari pegawai ASN dan masyarakat mengenai laporan pelanggaran norma dasar serta kode etik dan kode perilaku pegawai ASN.

Iswar dijadwalkan melakukan klarifikasi netralitas kepada KASN melalui aplikasi Zoom Meeting pada Jumat (12/7) pukul 09.00-09.30 WIB.

Iswar Aminuddin adalah salah satu ASN di Kota Semarang yang menyatakan siap melenggang di kontestasi pemilihan wali kota dan wakil wali kota (Pilwakot) Semarang 2024.

Secara terang-terangan dia telah melakukan penjajakan politik di sejumlah partai politik. Mulai PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hingga Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Golkar.

"Saya siap kalau dianggap salah, ya monggo silakan. Saya manut saja kalau memang dianggap melanggar," kata Iswar Aminuddin dikonfirmasi lewat telepon.

Dia bersikukuh tak melanggar aturan tentang ASN. Menurutnya, sesuai pedoman perundang-undangan tentang ASN harus mundur dari jabatannya ketika sudah ditetapkan sebagai pasangan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Beliau-beliau yang memiliki kewenangan dan saya sebagai ASN tinggal menjalankan saja keputusannya seperti apa," katanya.

Dalam pemanggilan ini, dirinya berharap tidak ada kepentingan politik untuk menjatuhkan karirnya sebagai pegawai negeri sipil yang berhak menggunakan haknya berpolitik.

"Saya siap kalau dianggap salah, ya monggo silakan mudah-mudahan pemanggilan ini tidak ada unsur politiknya saja," katanya.(mcr5/jpnn)

BACA JUGA: Bappilu PBB Punya Strategi Khusus Hadapi Pilkada 2024



Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA JUGA: Lima Parpol Bertemu Bahas Koalisi Kapal Pesiar untuk Pilwakot Semarang

BACA JUGA: Datangi PKS, Mbak Ita Singgung soal Lawan Kotak Kosong di Pilwakot Semarang


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler