Lima Parpol Bertemu Bahas Koalisi Kapal Pesiar untuk Pilwakot Semarang

Minggu, 16 Juni 2024 – 10:06 WIB
Pertemuan lima pimpinan parpol jelang Pilwakot Semarang di Kantor DPC Partai Gerindra Kota Semarang.FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jpnn.com, SEMARANG - Lima pimpinan partai politik (parpol) di Kota Semarang melakukan pertemuan membahas pemilihan kepala daerah atau Pilkada Semarang 2024.

Pertemuan itu membahas koalisi "kapal besar" untuk mengusung calon pemimpin dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota (Pilwakot) Semarang, November mendatang.

BACA JUGA: Berapa Honor Pantarlih Pilkada 2024? Oh, Lumayan

Kelima partai tersebut yakni, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Nasional Demokrat (NasDem). 

Ketua Desk Pilkada Gerindra Kota Semarang Joko Santoso mengatakan pertemuan itu belum menentukan terkait koalisi dan calon yang akan diusung.

BACA JUGA: MK Tolak Gugatan Pilkada Semarang

Namun, dia tak memungkiri ke depan akan ada kesepakatan koalisi.

"Jalinan silaturahmi adalah kewajiban masing-masing partai politik untuk menjajaki, mendalami supaya ada kerja sama berkelanjutan, tidak hanya kontestasi politik lima tahun ke depan," katanya, di Kantor DPC Gerindra Semarang, Sabtu (15/6).

BACA JUGA: KPUD Panen Gugatan, Pilkada Semarang Berpeluang Diulang

Dalam pertemuan itu, dia mengungkapkan harapannya bisa membangun koalisi "kapal besar" untuk mengusung sosok untuk memimpin Kota Semarang lima tahun ke depan.

"Pertama mencari penumpang eksekutif untuk November 2024, dan membangun kapal besar, kapal pesiar bahasa saya. Untuk membangun perlu pondasi, atapnya supaya menjadi lebih nyaman," katanya.

Dia pula menyinggung nama Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu yang telah melakukan pertemuan dengan partainya. Meski begitu, tiket atau rekomendasi dari pimpinan partai di pusat yang akan menentukan.

"Tidak hanya Mbak Ita, tetapi semua yang datang ke Gerindra kami berikan ruang menumpang kapal besar itu, jadi semua yang mendaftar di masing-masing partai ini akan (dipilih untuk, red) diberikan tiket boarding pass," katanya.

Meski belum ada kesepakatan koalisi, Ketua DPC PKB Semarang Muhammad Mahsun menegaskan pertemuan ini sangat penting menjelang hajatan pemilu.

"Mungkin nanti komunikasi ini akan berlanjut, termasuk untuk membahas kemungkinan koalisi. Meski dalam hal koalisi, perlu adanya keputusan dari pengurus partai di tingkat pusat," katanya. 

Sendada juga disampaikan Ketua DPD Partai NasDem Kota Semarang, Setyo Budi yang mengapresiasi Partai Gerindra untuk menginisiasi kegiatan tersebut.

Begitu juga Ketua DPC PPP Kota Semarang, Fatchur Rohman. Dia menuturkan, pertemuan tersebut sangat penting meski belum tentu memunculkan sebuah kesepakatan.

"Mau dibuat kesepakatan boleh, mau tidak dibuat kesepakatan juga boleh, yang penting silaturahmi," kata Maman, sapaan akrabnya.

Perlu diketahui, lima partai yang bertemu ini memiliki perwakilan di DPRD Kota Semarang sesuai hasil pemilihan legislatif (Pileg) 2024, dengan rincian Partai Gerindra memperoleh 7 kursi, PKB 5 kursi, PAN, Nasdem dan PPP masing-masing 1 kursi.(mcr5/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler