Berminat Keliling Danau Toba, Coba Nih Kapal Wisata Parapat

Jumat, 26 Februari 2021 – 18:04 WIB
Kapal wisata membawa pengunjung ke lokasi wisata air terjun di kawasan Danau Toba. Foto: Antara

jpnn.com, SIMALUNGUN - Mengunjungi Danau Toba tak lengkap jika tidak berkeliling untuk menikmati keindahan perairan danau vulkano terbesar di dunia itu.

Pengusaha kapal pariwisata di kota wisata Parapat, Mangasitua Sitio mengatakan, pihaknya siap membawa pengunjung keliling Danau Toba.

BACA JUGA: Mengenal Tao Silalahi, Salah Satu Wisata Andalan Sumut

Dia bersama rekan seprofesi lainnya memastikan keselamatan berlayar di Danau Toba dengan mematuhi ketentuan standar pelayaran.

Kelaikan kapal yang terus diperiksa aparat terkait secara berkala, penyediaan kelengkapan alat komunikasi dan keselamatan, sumber daya terlatih fan memiliki sertifikat.

BACA JUGA: 7 Destinasi Wisata di Jakarta Bakal Diguyur Hujan, Waspada

"Kami siap melayani dan mengantar pengunjung yang ingin menyaksikan situs sejarah dan tempat menarik, seperti Batu Gantung dan lokasi lainnya di sekitar Danau Toba," kata pengusaha wisata di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun itu.

Mangasitua menyebutkan, biasanya wisatawan selalu menggunakan jasa kapal untuk menikmati pariwisata air di Danau Toba.

Warga Kabupaten Simalungun, Samosir, Toba, Karo, Dairi, Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara, khususnya yang menekuni bidang transportasi air itu memanfaatkan peluang itu secara maksimal.

"Keamanan, keselamatan dan kenyamanan serta kebersihan juga dijamin," papar dia.

Camat Girsang Sipangan Bolon, Maruwandi Yosua Simaibang, mengatakan, pihaknya mendorong pelaku wisata di Parapat lebih berkreasi guna menarik minat pengunjung.

"Dengan keseriusan Pemerintah Pusat dan telah menetapkan kawasan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas, Parapat akan maju," ujar dia.

Seperti diketahui, tahun ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencanangkan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dan tagar BeliKreatifDanauToba untuk pengembangan pariwisara kawasan Danau Toba. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler