Bersaing dengan Petahana, Lalu Iqbal Tunjukkan Citra Personal yang Kuat

Kamis, 15 Agustus 2024 – 13:03 WIB
Bakal Calon Gubernur NTB Lalu Muhamad Iqbal saat silaturahmi dengan masyarakat. Foto: Dok. Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terkait elektabilitas calon gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur Eksekutif Djayadi Hanan mengatakan survei LSI juga memetakan citra personal kandidat dan persepsi masyarakat kepada kandidat.

BACA JUGA: Hasil Survey LSI Mencatat Elektabilitas Lalu Iqbal Teratas di Pilkada NTB

"Dari semuanya, Lalu Iqbal lebih unggul di semua jenis citra personal," kata Djayadi Hanan, Kamis (15/8).

Djayadi melanjutkan bakal Calon Gubernur NTB yang akrab disapa LMI itu dipandang sebagai sosok yang perhatian pada rakyat, prbadi yang jujur, dan bebas.

BACA JUGA: Didukung Gerindra dan PAN, Lalu Iqbal Diprediksi Kembali Beri Kejutan

"Untuk sosok yang berani dan tegas, Pak Iqbal unggul signifikan. Kebugaran dan kesehatan, Pak Iqbal lebih unggul, begitu pula persepsi mampu memimpin," ucapnya.

Diketahui, Lalu Iqbal unggul dari petahana di lima citra personal dan hanya kalah dengan Sitti Rohmi Djalilah sebagai sosok religius taat beragama.

BACA JUGA: Lalu Iqbal Tunjuk Munjizun Jadi Jubir di Pilgub NTB 2024

Dari citra personal, Iqbal pun dipandang sebagai sosok berani dan tegas, kondisi fisiknya pun bugar dan sehat.

Terakhir, dengan posisi citra personal teratas, Iqbal dinilai mampu memimpin provinsi NTB dengan poin 59,8, disusul Zulkieflimansyah 53,9, kemudian Rohmi 52, dan terakhir Lalu Gita dengan 33,1.

Djayadi menyebutkan hal lain yang membuat elektabilitas Lalu Iqbal terus menanjak lantaran banyak menggelar pertemuan tatap muka dan sanggup berrsaing dengan petahana.

"Sosialisasi media saya lihat juga unggul, sosialisasi radio juga unggul, televisi sama kuat. Sosialisasi internet, bersaing dan sama kuat. Ketika dipasangkan (Iqbal-Dinda) cenderung kompetitif," jelasnya.

Menurutnya, pasangan Iqbal-Dinda diuntungkan dengan persepsi masyarakat terhadap petahana yang sedang saja.

"Itu yang membuat petahana tak dapat unggul dominan," ucapnya.

Djayadi menambahkan, jumlah yang menginginkan incumbent kembali memimpin tidak sampai 50 persen dan membuat Pilkada Provinsi NTB akan berjalan kompetitif.

"28 persen ingin (petahana) , 38 tidak ingin, sisanya ragu-ragu," tambahnya.

Untuk diketahui dalam simulasi 3 nama, Iqbal meraih elektabilitas 22,4 persen, sementara Zulkieflimansyah meraih 21,5 persen dan terakhir Sitti Rohmi Djalilah 21 persen.

Survei menggunakan multistage random sampling ini mengambil 800 responden dengan margin of error 3,5 persen yang dilakukan mulai 16-24 Juli 2024. (mcr8/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler