Besar di Panti, Belajar Bola di Jalanan

Sabtu, 14 Agustus 2010 – 06:38 WIB
HANDAL - Aksi Bebe (kanan), pemain yang sebelum ditarik Manchester United konon juga diincar serius oleh Real Madrid. Foto: Dailymail.co.uk.
Manchester United tiba-tiba merogok kocek GBP 7,4 juta atau hampir Rp 104 miliar untuk anak ingusan Portugal bernama Tiago Manuel Dias Correia alias BebeSiapa sebenarnya Bebe?

PORTUGAL
tak ubahnya lahan berburu bakat baru bagi United

BACA JUGA: Chelsea Dilaporkan ke FIFA

Setan Merah - sebutan United - melawan arus kebanyakan klub Eropa yang biasanya berburu pemain muda asal Amerika Latin, khususnya Brazil
Setelah mendatangkan Cristiano Ronaldo pada 2003 dan Nani pada 2007 (keduanya dari Sporting Lisbon), United mendatangkan Bebe tahun ini.

Bebe tidak seingusan Ronaldo ketika kali pertama mendarat di Old Trafford

BACA JUGA: Ibra Calon Pemain Termahal

Bebe saat ini 20 tahun, sedangkan Ronaldo yang kini membela Real Madrid itu masih 18 tahun tujuh tahun lalu
Hanya, dibandingkan dengan Nani, Bebe lebih muda setahun.

Tapi, perbedaan Bebe dengan dua pendahulunya bukan masalah usia, melainkan latar belakangnya

BACA JUGA: Balotelli Urung Diturunkan

Ronaldo dan Nani sudah punya pengalaman cukup bersama Sporting sebelum pindah ke UnitedBebe? Dia memang bermain di klub liga utama Portugal Vitoria GuimaresNamun, Bebe belum sekalipun turun di laga resmi bersama Vitoria.

Itu karena Bebe baru lima pekan membela Vitoria setelah meninggalkan klub kasta ketiga Portugal Estrela Amadora yang tidak mampu memenuhi gajinyaUnited tentu tidak kepincut dengan Bebe hanya berdasarkan laga pramusimnya bersama VitoriaAda pula rekomendasi dari Carlos Queiroz, pelatih Portugal yang mantan asisten pelatih United.

Selain itu, United lebih mudah mendapatkan Bebe karena si pemain diageni GestifuteLewat perusahaan agen pimpinan Jorge Mendes itu pula United mendapatkan Cristiano Ronaldo, Nani, dan AndersonGestifute juga mengageni kebanyakan bintang Portugal lainnya seperti Simao Sabrosa, Pepe, dan Ricardo CarvalhoJuga pelatih Real Madrid asal Portugal, Jose Mourinho.

"Saya sangat bahagiaSaya bermimpi bermain, suatu hari, untuk klub besarSekarang, mimpi itu menjadi kenyataan," kata Bebe setelah meneken kontrak bersama United seperti dilansir Daily Mail.

Mimpi memang kata yang pantas diungkapkan Bebe karena dirinya Pemain yang mendapat panggilan Bebe dari kakaknya itu besar di panti asuhan bernama Casa do Gaiato de Santo Antao do Tojal di Loures, kota arah utara Lisbon"Saya terkadang tidur di jalananSaya terkadang merasa di tempat itulah dunia saya sebenarnya," terang Bebe.

Atas kondisi itu pula, Bebe tidak bisa menyalurkan bakatnya di klub juniorJalanan di Portugal-lah yang menjadi arena mengasah bakat pemain yang mencetak 40 gol dalam enam laga di festival sepak bola jalanan di Bosnia tahun lalu ituKendati belajar bola di jalanan, Bebe memiliki keistimewaan tersendiri.

Sekalipun memiliki postur tinggi (190 cm), Bebe memiliki kecepatan sebagai winger maupun penyerang sayap"Dia juga jago dalam bola udaraDia adalah buah dari sepak bola jalanan yang memiliki kreativitas alami dan petarung di lapanganKlub yang mendapatkannya bakal beruntung," kata Jorge Paixao, pelatih Estrela Amadora.

Sekalipun sudah meminjamkan Danny Welbeck ke Sunderland, United masih memiliki enam winger di skuad utamaAntara lain Antonio Valencia, Park Ji-sung, Ryan Giggs, Nani, Gabriel Obertan, dan Tom CleverlyMeski begitu, Chief Executive United David Gill memastikan bahwa Bebe tidak akan dipinjamkan ke klub lain.

"Saya pikir dia akan mendapatkan manfaat dari hari ke hari dibawah polesan pelatih terbaik dunia (Sir Alex Ferguson, pelatih United, Red)Dia akan bersama kami musim ini," jelas Gill di MUTV Online.

Dengan usia masih di bawah 21 tahun, Bebe tidak akan terbentur dengan regulasi baru Premier League perihal kuota 25 pemainAturan Premier League menyatakan bahwa pemain U-21 dari sebuah klub bisa dimainkan tanpa masuk hitungan 25 pemain(dns)

Data Diri
Nama Lengkap    : Tiago Manuel Dias Correia
Nama Familiar     : Bebe
Kebangsaan         : Portugal
Lahir                       : Agualva-Cacem, 12 Juli 1990
Posisi                     : Winger, Penyerang sayap
Tinggi/Berat          : 190 cm/75 kg
Karir Klub              :
2009-2010     Estrela Amadora    
2010                Vitoria Guimares    
2010-?            Manchester United

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persaingan Dua Seteru Baru


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler