Besok Idulfitri, Ini Imbauan Muhammadiyah

Sabtu, 24 Juni 2017 – 18:48 WIB
Muhammadiyah. Foto: Muhammadiyah

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Syawal 1438 Hijriah jatuh pada Minggu (25/6). Organisasi yang didirikan KH Ahmad Dahlan itu pun mengimbai umat Islam khususnya warga Muhammadiyah untuk menunaikan ibadah wajib dan sunah.

"Hari kemenangan akan tiba saatnya seluruh umat muslim bersilaturahmi," kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, Sabtu (24/6).

BACA JUGA: Petugas Rukyat dari NU Sudah Melihat Hilal di Gresik

Menurutnya, Muhammadiyah mengeluarkan tiga imbauan untuk menyambut Idulfitri. Yang pertama adalah membayar zakat fitrah.

"Wajib bayar zakat fitrah. Itu wajib ditunaikan sebelum salat Idulfitri," katanya.

BACA JUGA: Tunggu! Hilal Belum Terlihat

Selanjutnya, imbauan kedua dari Muhammadiyah adalah Salat Idulfitri. Sunahnya, pada malam sebelum pelaksanaan salat id ada takbiran.

“Saat hari Lebaran, ajak keluarga dan kerabat melaksanakan Salat Idulfitri baik di lapangan atau tempat lain yang baik,” sebutnya.

BACA JUGA: Besok Sudah Lebaran, Habib Rizieq Kagak Mudik

Yang ketiga adalah silaturahmi. Mu’ti menjelaskan, saling memafkan dan bersilaturahmi di tidak terbatas pada yang beragama Islam, tetapi bagi seluruh masyarakat.

"Silaturahmi tak hanya dengan yang muslim tetapi dengan siapa saja yang memang mempunyai kedekatan personal, maka Lebaran akan menjadi indah," tandasnya.(cr1/JPG)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mau Takbir Keliling Malam Nanti? Simak Dulu Pesan Pak Menag Ini


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler