Besok Lawan Sriwijaya FC, Persebaya Sudah Lolos ke Semifinal

Selasa, 27 Februari 2018 – 07:52 WIB
Rendi Irwan (kiri), kapten Persebaya, selebrasi setelah berhasil menjebol gawang Persiba Balikpapan di Stadion Batakan, Balikpapan, Senin (26/2). FOTO: Angger Bondan/Jawa Pos

jpnn.com, BALIKPAPAN - Persebaya Surabaya lolos ke semifinal Piala Gubernur Kaltim (PGK) II/2018 setelah mengalahkan Persiba Balikpapan dalam laga di Stadion Batakan, Balikpapan, Senin (26/2) malam.

Klub berjuluk Green Force itu tidak mendapatkannya dengan mudah karena tuan rumah memberikan perlawanan luar biasa.

BACA JUGA: Fauzimovic Bawa Persebaya ke Semifinal Piala Gubernur Kaltim

Ya, sebelum akhirnya menang 3-1, Persebaya yang pada babak pertama lebih banyak menurunkan pasukan pelapis benar-benar dibuat keteteran.

Pelanggaran Arthur Irawan di area penalti pada menit ke-40 membuat Persebaya lebih dulu tertinggal oleh eksekusi Bryan Cesar yang mengelabui kiper Alfonsius Kelvan.

BACA JUGA: Irfan Jaya Senang Dapat Banyak Ilmu dari Luis Milla

Keputusan pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera memainkan Arthur di bek kanan dan Irvan di bek kiri, membuat daya serang mereka berkurang.

Sebab, biasanya ketika dihuni Abu Rizal Maulana dan Ruben Sanadi, keduanya sangat aktif membantu serangan.

BACA JUGA: Terjawab! 4 Alasan Kuat Azrul Ananda Nekat Kelola Persebaya

”Kami sangat kesulitan di awal. Lawan juga bermain dengan baik, tapi di sisa waktu kami bisa membalikan kedudukan,” kata Alfredo.

Pada babak kedua, banyak perubahan dilakukan pelatih asal Argentina itu. Bukan hanya pergantian pemain, melainkan mengurangi pemain bertahan untuk menambah gelandang.

Arthur digantikan Abu Rizal, Irvan diganti Rendi Irwan, dan Fandi ditukar Robertino Pugliara.

Lalu, untuk lini serang, Pedro Henrique dan Ricky Kayame yang bermain sebagai starter diganti oleh Feri Pahabol dan Rishadi Fauzi. Ternyata, keputusan itu tokcer. Serangan Persebaya lebih variatif.

”Bermain bola memang selalu ada perubahan taktik dan dan itu salah satu strategi kami,” jelas Alfredo.

Tentu hasilnya tidak instan. Persebaya masih sempat kesulitan karena performa hebat kiper Persiba Fajar Setya Jaya.

Berkali-kali dia menyelamatkan gawangnya dari terjangan para pemain Persebaya. Tapi, pada sepuluh menit terakhir pertandingan, benteng pertahanan Persiba jebol juga.

Rishadi menyamakan skor dengan tandukannya pada menit ke-80. Setelah itu arus serangan Persebaya semakin deras.

Hasilnya, Rendi Irwan mencetak dua gol kemenangan Persebaya pada menit ke-83 dan 90+2. Dengan begitu, Persebaya pun menang dan lolos ke semifinal menemani Sriwijaya FC.

Di sisi lain, Persiba yang sempat mampu mengimbangi permainan juara Liga 2 musim lalu tersebut mengakui keunggulan lawan.

”Kami sudah bermain luar biasa. Tapi memang kami kehilangan konsentrasi menjelang akhir pertandingan,” ujar pelatih Persiba Wanderley Junior.

Sejatinya, Persiba juga banyak memperoleh peluang. Sejak babak pertama tercatat ada enam peluang apik yang gagal dijadikan gol.

”Penyerang kami sebenarnya punya kualitas, tapi memang tadi finishing kami kurang sempurna. Itu jadi PR (pekerjaan rumah, Red) saya,” ujar pelatih asal Brasil itu.

Berikutnya, pada laga terakhir besok, Persebaya akan menghadapi Sriwijaya FC. Sedangkan, Persiba akan menghadapi Madura United.

Namun, pertandingan itu sudah tidak lagi menentukan kelolosan. Hanya menentukan siapa yang menjadi juara grup B, apakah Persebaya atau Sriwijaya FC. (nia/ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Empat Pemain Persebaya Baru Gabung 25 Februari


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler