Besok Pegawai Libur, Puncak Mudik Hari Ini

Rabu, 15 Juli 2015 – 07:47 WIB
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA - Kondisi lalu lintas pada H-3 Lebaran hingga tadi malam pukul 22.00 terpantau mulai mengalami kepadatan di jalur kendaraan dan terminal. Sedangkan lonjakan penumpang di pelabuhan dan bandar udara (bandara) belum terlihat. Meski demikian, puncak arus mudik untuk Lebaran diprediksi terjadi hari ini (15/7). 

"Para pekerja dan PNS (pegawai negeri sipil) mulai libur Kamis (16/7). Mungkin kepadatan dimulai dari sepulang kerja hingga H-1," kata Koordinator Posko Lebaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Imam Hambali kepada Jawa Pos tadi malam.

BACA JUGA: Inilah yang Membuat Indonesia Ikut Senang dengan Kesepakatan Nuklir Iran

Pemantau Posko RTTMC Pradipta Agung Nugraha menyebutkan, kepadatan terminal naik hingga 60 persen. "Dibandingkan kemarin (Senin, Red), hari ini naik drastis sejak pukul 11.00," imbuhnya.

Sedangkan untuk jalur udara dan laut, belum terjadi lonjakan signifikan. Berdasar data dari Posko Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, kepadatan penumpang pesawat sudah terjadi pada H-6 Lebaran lalu. Jumlah penumpang naik hingga 21,28 persen. 

BACA JUGA: NasDem Ogah Kasih Pembelaan Soal Penangkapan OC Kaligis

Sementara itu, untuk moda kapal, lonjakan penumpang di pelabuhan diprediksi terjadi esok. Ketua Posko Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Wisnu Wihandani mengungkapkan, kepadatan penumpang hanya terjadi di pelabuhan tertentu. 

Yakni, Pelabuhan Sampit menuju Semarang dan Surabaya. "Penumpangnya mencapai 1.665," imbuhnya. Meski demikian, bila dibandingkan dengan tahun lalu, terjadi penurunan penumpang sebesar 19,58 persen. (mia/lus/jun/c11/kim)

BACA JUGA: 50 Kecamatan Perbatasan Bakal Menikmati Pembangunan Infrastruktur Ini

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pupuk Indonesia Dirikan Anak Perusahaan Khusus Urusin Padi dan Jagung


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler