BI Sumsel Siapkan Uang hingga Rp 3,1 Triliun Jelang Nataru

Sabtu, 17 Desember 2022 – 08:52 WIB
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan uang kartal sekitar Rp 3,1 triliun jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Sumatra Selatan (Sumsel) jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan uang kartal sekitar Rp 3,1 triliun. 

BACA JUGA: Catatkan Rekor Baru, Topremit Bisa Mengirimkan Uang ke-22 Negara

Jumlah ini lebih rendah dibandingkan dengan kebutuhan uang kartal pada Desember 2021 yang sekitar Rp 3,3 triliun. 

Perkiraan yang lebih rendah ini mempertimbangkan perbankan di area Sumbagsel yang pada tahun ini telah berupaya lebih awal mengantisipasi kebutuhan uang kartal jelang Natal dan Tahun Baru 2023.

BACA JUGA: Tak Punya Uang, Rahmat Nekat Curi Komputer Puskesmas

Selain itu, untuk mengantisipasi kebutuhan untuk di ATM dan penyaluran bantuan sosial untuk beberapa bank pelaksana, serta adanya hari libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang relatif lebih singkat. 

Kemudian, untuk memenuhi kebutuhan uang kartal di wilayah Jambi, Bengkulu, dan Bangka Belitung jelang Nataru.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Selatan juga telah mendistribusikan lebih awal uang kartal melalui masing-masing Kantor Perwakilan Bank Indonesia di wilayah tersebut yakni total sekitar Rp 3,1 triliun.

Dana tersebut dipersiapkan untuk penarikan secara tunai melalui kantor layanan dan mesin ATM perbankan.

Bank Indonesia mengantisipasi kebutuhan uang tunai dan kegiatan transaksi sistem pembayaran menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan mempersiapkan layanan kas, baik melalui jaringan BI dan perbankan, dan infrastruktur sistem pembayaran nontunai yang lancar dan terjaga. 

Di Provinsi Sumatra Selatan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan bersinergi dengan perbankan menyiapkan sejumlah 252 titik penukaran di kantor cabang bank umum. 

Selanjutnya, untuk memastikan kegiatan transaksi nontunai berjalan dengan lancar dalam mendukung kegiatan ekonomi masyarakat, Bank Indonesia juga terus mengoptimalkan sistem pembayaran nontunai yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia melalui Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). 

BI terus berkoordinasi dengan peserta sistem pembayaran guna memastikan optimalnya kegiatan sistem pembayaran, serta senantiasa mengimbau perbankan agar terus meningkatkan layanan penukaran uang kartal bagi masyarakat.

Bank sentral mengimbau masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang untuk menukarkan uangnya di lokasi penukaran resmi guna mencegah risiko uang palsu dan untuk menjaga kualitas uang. 

Lebih lanjut, Bank Indonesia juga mengajak masyarakat untuk senantiasa mengenali ciri-ciri keaslian dan merawat uang sebagai bentuk cinta rupiah.(mcr35/jpnn)


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
BI   Bank Indonesia   Nataru   uang   rupiah  

Terpopuler