Biar Disiplin, PNS Harus Dididik Militer

Kamis, 06 Juni 2013 – 00:27 WIB
MANOKWARI - Anggota DPR Papua Barat, Obed Ayok menyatakan para pegawai negeri sipil (PNS) perlu mendapatkan pendidikan militer. Ide ini diwacanakan menyikapi para abdi negara di Papua Barat banyak yang malas.

Obed mengatakan banyak PNS saat ini berkeliaran di tempat-tempat umum pada jam kerja. Menurutnya, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan budaya disiplin adalah pelatihan militer.

‘’Semua pegawai negeri di Indonesia ini diberi pelatihan militer agar tertib. Jam kerja dan pulang harus tertib. Kemudian tidak keluyuran pada jam-jam kerja, tapi setia dan bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan oleh negara. Saya setuju (dengan wajib militer), supaya tertib seperti tentara,’’ kata Obed seperti yang dilansir Radar Sorong (Jawa Pos Group), Rabu (5/6).

Dengan program pendidikan militer kata dia, para PNS tidak hanya dilatih kedisiplinan tapi juga dapat memiliki jiwa nasionalisme tinggi. PNS tak cukup hanya diberi pengetahuan terkait tugas-tugasnya, tapi lebih dari itu ditanamkan jiwa disiplin dan nasionalisme.

‘’Kalau memang dilaksanakan, jangan hanya di Jawa saja tapi di seluruh nusantara termasuk di Papua, supaya para PNS lebih disiplin, bangun  jam berapa, masuk dan pulang kantor jam berapa,’’ imbuhnya.(lm/awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kejati Jambi Sebar Foto Mantan DPRD Buronan Kasus Korupsi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler