Biaya Gedung Baru DPR Dipangkas Rp300 Miliar

Senin, 09 Mei 2011 – 12:23 WIB
JAKARTA- Kementrian PU, biaya pembangunan gedung wakil rakyat itu dipangkas sekitar Rp300 miliarDari semula Rp1,1 triliun menjadi Rp777 miliar

BACA JUGA: Politisi Demokrat Merasa Punya Obat Buat PSSI

Selain memangkas anggaran, berdasarkan hasil kajian Kementrian PU bersama dengan Sekjen DPR RI, ketinggian gedung yang semula 36 lantai menjadi 26 lantai
Direncanakan, seluruh anggota dewan dan pendukung kerjanya, akan menggunakan gedung baru ini nantinya.

"Sedangkan untuk Setjen dan perlengkapan lainnya tetap di gedung Nusantara 1 yang sekarang

BACA JUGA: Akibat Suap Sesmenpora, Demokrat Dikabarkan Pecah

Jadi gedung lama tetap digunakan bersama dengan gedung baru," kata Menteri PU Djoko Kirmanto pada wartawan di Jakarta, Senin (9/5).

Dengan pengurangan anggaran menjadi sekitar Rp777 miliar, disain gedung baru DPR RI kata Djoko akan sama dengan yang diajukan sebelumnya oleh DPR RI
Yakni berbentuk U terbalik

BACA JUGA: PKB Serukan Nahdliyin Tolak NII

Namun dipastikan, pada gedung baru nantinya tidak akan ada fasilitas kolam renang dan ruang fitnesLuas masing-masing ruang bagi anggota dewan juga akan disesuaikan.

"Sesuai peraturan yang ada, tiap anggota dewan itu mendapat luas 16 meter persegiYang dulunya lebar kita kurangiEstimasi kita sekitar Rp777 miliar, tapi nanti kita tender lagiKalau ada yang mau Rp600 miliar ya silahkan," kata Djoko.

Untuk pembangunan gedung baru wakil rakyat yang memakan anggaran besar tersebut, kata Djoko harus mengikuti ketentuan dalam Peraturan Presiden (Perpres)Sehingga seluruh rangkaian pembangunan, nantinya akan dilakukan audit internal oleh pihak independen.

"Jadi nanti semua syaratnya akan ditandatangani oleh PresidenSekarang masih dalam proses di Seskab untuk diperiksa secara legal," kata Djoko.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Golkar Siap Kehilangan Tokoh-tokohnya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler