Bidik Pasar Mobil Listrik, Apple Gandeng Perusahaan China

Rabu, 09 Juni 2021 – 21:42 WIB
Logo Apple. Foto: Ubergizmo

jpnn.com - Apple dikabarkan tengah menjajaki kerja sama dengan dua produsen baterai listrik asal China, CATL dan BYD.

Kerja sama itu terkait penyediaan baterai mobil listrik.

BACA JUGA: Versi Terbaru Sistem Operasi Desktop Milik Apple Bawa Banyak Peningkatan

Rencananya, Apple meminta fasilitas produksi baterai listrik berada di Amerika Serikat.

“Pemahaman saya, Apple tengah berdiskusi membangun pabrik baterai canggih di sini, di Amerika Serikat,” kata Penasehat Senior bidang Ekonomi dari Gedung Putih Jared Bernstein.

BACA JUGA: Pengendara Yamaha R15 Terlindas Truk, Kondisinya Mengerikan

Jared menyebutkan potensi rencana Apple itu sejalan dengan keinginan Presiden AS Joe Biden untuk bisa menyediakan pasokan baterai kendaraan listrik, bahkan diharapkan bisa menembus pangsa pasar global.

CATL merupakan pemasok baterai listrik terkemuka di dunia, ia bahkan terlibat dalam pembuatan mobil pintar besutan Tesla yang dimiliki Elon Musk.

BACA JUGA: Kecelakaan Maut, Yohanes Tewas, Lihat Tuh Kondisi Motornya

Meski demikian, perusahaan itu enggan membangun pabrik di Amerika Serikat karena masih adanya ketegangan politik antarnegara hingga biaya yang tentunya jauh lebih besar.

Sementara itu, BYD merupakan pemasok baterai nomor empat di dunia yang juga berkontribusi besar pada rantai penyedia pasokan kendaraan listrik.

Terkait baterai untuk kendaraan listrik, Apple mungkin akan memproduksi baterai lithium iron phosphate yang lebih murah untuk diproduksi karena baterai dengan bahan baku nikel dan kobalt lebih mahal.

Apple juga dikabarkan tengah mengembangkan teknologi swakemudi dan menargetkan pada 2024 untuk menghadirkan kendaraan listrik.

Pemerintah AS memang tengah menggencarkan berdirinya manufaktur untuk kendaraan listrik, Joe Biden mengusulkan rencana infrastruktur seniali USD 1,7 triliun untuk meningkatkan pasar kendaraan listrik.

Dengan percepatan penyediaan infrastruktur kendaraan listrik diharapkan masyarakat dapat segera beralih dari kendaraan bermotor ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan. (reuters/ant/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... David Beckham Beli Saham Perusahaan Mobil Listrik


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler