Bikin Korea Sedih, Swedia Akhiri Puasa Sejak 1958

Senin, 18 Juni 2018 – 21:28 WIB
Kapten Swedia, Andreas Granqvist memastikan kemenangan timnya atas Korea. Foto: AFP

jpnn.com, NIZHNY NOVGOROD - Gol penalti dari Andreas Granqvist di menit ke-65, mengantar Swedia memetik kemenangan atas Korea dalam matchday 1 Grup F Piala Dunia 2018, Senin (18/6) malam WIB.

Gol yang merupakan satu-satunya tercipta dalam laga di Nizhny Novgorod Stadium itu juga merupakan bantuan keputusan video assistant referee (VAR).

BACA JUGA: Timnas Jerman Takluk dari Meksiko, Begini Tanggapan Sandi

Awalnya, wasit asal El Salvador, Joel Aguilar tidak melihat kontak antara Kim Min-Woo dan Viktor Claesson di kotak penalti Korea sebagai pelanggaran.

Namun, Aguilar kemudian mendapat bantuan VAR untuk memutuskan insiden tersebut penalti. Granqvist, si kapten Swedia berusia 33 tahun itu lalu mengeksekusi penalti dengan sempurna. Kiper Korea, Jo Hyeon-Woo salah menebak arah bola.

BACA JUGA: Mayoritas Warga: Korea Gugur di Fase Grup Piala Dunia 2018

Gol tersebut merupakan gol penalti pertama yang didapat Swedia sejak Piala Dunia 2002, ketika Henrik Larsson menunaikan tugasnya ke gawang Nigeria.

Kemenangan atas Korea ini tercatat sebagai kemenangan pertama Swedia dalam partai pembuka mereka di Piala Dunia sejak 1958. Ya, saat Piala Dunia 1958, di rumah sendiri, Swedia menang 3-0 atas Meksiko. OptaJoe mencatat, dari tujuh laga pertama mereka di Piala Dunia, Swedia imbang tujuh kali dan kalah dua kali.

BACA JUGA: Lawan Tunisia, Youngster Inggris Dibayangi Kegagalan Nigeria

Dengan kemenangan ini, Swedia kini berada di puncak klasemen Grup F, bareng dengan Meksiko yang kemarin merngalahkan Jerman 1-0. Laga selanjutnya, Swedia akan meladeni Jerman, sedangkan Korea berhadapan dengan Meksiko. (adk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ingat, Belgia! Panama Adalah Tim yang Menyingkirkan AS


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler