Bintang Korea Kuasai Etape Pertama Tour de Banyuwangi Ijen

Rabu, 11 Mei 2016 – 15:04 WIB
Dong Hyun Shin saat memasuki garis finis etape 1 di Taman Blambangan, Banyuwangi. Foto: Istimewa

jpnn.com - BANYUWANGI - Etape pertama International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016 menjadi milik Dong Hyun Shin, pembalap tim LX-IIBS Cycling Team. Pembalap asal Korea Selatan itu memenangi adu sprint di akhir rute Waduk Sidodadi, Glenmore-Taman Blambangan tersebut.

Dalam rute sepanjang 171,4 km tersebut, Dong Hyun tidak tampil agresif. Meski sejak awal lomba peloton “diganggu” dengan sejumlah pembalap yang breakaway alias melarikan diri, pembalap 26 tahun itu tidak tertarik. Dia bahkan membiarkan pembalap Selandia Baru Jason Christie (Kenya Riders Downunder) dan Ma Guangdong (Wisdom -Hengxiang Cycling Team) berada di depan hingga berselisih lebih dari 2 menit.

BACA JUGA: Sanksi Dicabut, PSSI Tetap Gelar Kongres Tahunan

Dua pembalap tersebut awalnya melarikan diri bersama 12 pembalap lainnya setelah lomba melintasi 30 km. Namun, jumlah mereka terus berkurang hingga terbagi dalam beberapa kelompok. Hingga balapan memasuki separo etape, Christie dan Ma Guangdong tinggal berdua di posisi paling depan.

Dong Hyun dan rombongan terus menjaga selisih waktu. Mereka baru benar-benar merespons sekitar 5 kilometer terakhir. Selisih waktu pun terus berkurang hingga mereka akhirnya tersusul. Puncaknya, sekitar 200 meter terakhir, Dong Hyun mampu melewati  dua pembalap itu untuk mengklaim kemenangan perdananya tahun ini. 

BACA JUGA: Harapan Anak Buah SBY setelah Pembekuan PSSI Dicabut

Tepat di belakangnya, Ma Guangdong membuntutinya di garis finis bersama Rully Ibnu Faroka dari Customs Cycling Club, Enseong Jung dari Geunsam Insam Cello, dan Fatahillah Abdullah dari Indonesia National Team. 

Hasil tersebut membuat Dong Hyun Shin menjadi pemimpin klasemen umum (general classification). Pada etape kedua besok, 12 Mei, dia akan memimpin balapan dengan mengenakan yellow jersey(jon/mas/jpnn)

BACA JUGA: Menpora Tekankan Transparansi dan Akuntabilitas

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pembekuan PSSI Berakhir, Yayuk Basuki Bilang...


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler