Bisakah Cairan Tubuh Digantikan Air Kelapa saat Olahraga?

Minggu, 25 Maret 2018 – 04:18 WIB
Manfaat air kelapa murni. Foto: ilustrasi

jpnn.com - Olahraga sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat modern, terutama Anda yang tinggal di kota besar dan mengetahui pentingnya olahraga bagi kesehatan dan manfaatnya dalam membentuk tubuh ideal.

Seperti sudah Anda ketahui, olahraga mengakibatkan hilangnya cairan dari tubuh. Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang ini, bolehkah minum air kelapa sebagai pengganti air putih atau minuman khusus olahraga?

BACA JUGA: Badan Lemas? Yuk Lakukan 4 Olahraga ini

Hilangnya cairan tubuh.

Olahraga bisa menjadi kegiatan yang menyehatkan sekaligus mengasyikkan. Meskipun demikian, ada satu hal penting yang tidak boleh luput dari perhatian: hilangnya cairan tubuh selama berolahraga.

BACA JUGA: Tiga Penyebab Pria Lebih Mudah Kena Serangan Jantung

Saat berolahraga, keringat yang keluar juga akan membawa cairan dan elektrolit keluar dari tubuh Anda. Untuk tetap menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, Anda harus mengganti cairan dan elektrolit yang keluar.

Kegagalan mengganti cairan dan elektrolit yang keluar dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. Apabila hal tersebut tidak teratasi, maka bisa mengakibatkan kelemahan tubuh, gangguan performa olahraga, penurunan kognitif, gangguan pengaturan suhu tubuh, dan gangguan fungsi kardiovaskular.

BACA JUGA: Atasi Kolesterol Tinggi dengan Cara ini

Pilihan jenis minuman untuk mengganti cairan dan elektrolit tubuh.

Terdapat berbagai jenis cairan yang dapat dikonsumsi untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang tersebut, yakni air putih, minuman khusus olahraga, dan air kelapa.

Air putih memang mengandung elektrolit, tapi jumlahnya lebih sedikit bila dibandingkan dengan minuman khusus olahraga. Selain itu, apabila Anda melakukan olahraga intensitas berat dan dengan waktu latihan yang lama (misalnya lebih dari 75 menit), Anda akan membutuhkan karbohidrat—yang tidak ditemukan dalam air putih.

Bagi Anda yang lebih memilih untuk minum minuman yang mengandung elektrolit alami dengan kandungan gula rendah, air kelapa adalah pilihan yang tepat.

Kesegaran dan manfaat air kelapa

Selain rasanya yang enak dan menyegarkan–terutama jika dikonsumsi dingin–air kelapa juga memiliki kandungan yang lengkap dan mirip dengan cairan tubuh.

Air kelapa mengandung karbohidrat dan elektrolit seperti kalium, natrium, klorida, magnesium, mangan, dan kalsium. Selain itu, air kelapa juga mengandung serat, protein, dan vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas yang timbul ketika berolahraga, terutama Anda yang tidak terbiasa berolahraga, atau Anda yang melakukan olahraga dengan intensitas berat.

Sudah banyak penelitian yang telah membuktikan kemampuan air kelapa untuk menggantikan cairan dan elektrolit tubuh. Bahkan, saat dalam keadaan perang dan fasilitas terbatas, air kelapa dapat digunakan sebagai cairan infus—meski sekarang penggunaan air kelapa sebagai cairan infus tidak direkomendasikan lagi karena alasan sterilitas dan keamanan.

Air kelapa sebagai pengganti oralit

Selain bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berolahraga, air kelapa juga dapat menjadi alternatif oralit, yaitu bubuk garam untuk dicairkan sebagai pengganti mineral dan cairan tubuh yang keluar, dalam menggantikan cairan tubuh yang hilang saat diare dan muntah.

Karena rasanya yang secara alami agak manis, air kelapa juga bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak tanpa menimbulkan mual dan perut kembung. Jika di lain waktu Anda ingin lari atau pergi ke gym, bawalah serta air kelapa dalam botol minum Anda untuk menggantikan kekurangan cairan dan elektrolit tubuh saat berolahraga.(RN/RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Badan Lemas Setelah Olahraga? Yuk Cari Tahu Penyebabnya


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler