Bisul Bisa Sembuh dengan Bawang Putih, Mitos atau Fakta?

Minggu, 10 Desember 2017 – 16:07 WIB
Bawang putih. Foto IST

jpnn.com - Bisul merupakan infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan di dalam folikel rambut (lubang tempat rambut tumbuh).

Mula-mula, kulit di area infeksi menjadi merah dan muncul benjolan. Setelah 4-7 hari, benjolan tersebut mulai mengandung nanah.

BACA JUGA: Empat Jenis Makanan ini Penyebab Diabetes

Keberadaan bisul kerap mengganggu kenyamanan karena terasa nyeri, apalagi bila terletak di area yang kerap tersentuh.

Daripada repot ke dokter, banyak orang memilih mengobati bisul menggunakan bawang putih. Mereka kerap menghaluskannya terlebih dahulu, lalu membubuhkannya tepat di atas bisul.

BACA JUGA: Menyendiri tak Selalu Berdampak Buruk

Namun, apakah benar bahwa cara pengobatan tersebut bisa meredakan bisul?

Salah satu bumbu masakan ini memang sering menjadi alternatif untuk mengobati beberapa penyakit. Sebab, bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Khasiatnya antara lain yaitu sebagai antikanker dan antijamur.

BACA JUGA: Pengin Punya Tubuh Lentur? Yuk Lakukan 5 Cara ini

Bawang putih juga berperan sebagai antibakteri. Mungkin, hal itu yang membuat banyak orang mengira bawang putih bisa menjadi obat bisul. Padahal belum ada penelitian khusus yang mendukung anggapan tersebut.

Bawang putih hanya bisa digunakan sebagai terapi tambahan untuk mempercepat proses penyembuhan bisul. Pemakaiannya juga tidak boleh sembarangan. Sebab, bisul sangat rentan terhadap infeksi lain.

Karena itu, Anda perlu memperhatikan kebersihan bawang putih untuk mengatasi bisul. Selain itu, alat-alat yang digunakan untuk menghaluskannya juga harus higienis. Dosis bawang putih yang tepat juga harus Anda pahami.

Hindari pula memecah bisul dengan paksa untuk mencegah infeksi sekunder dari bakteri yang lain. Menjaga kebersihan sangat penting guna mempercepat penyembuhan bisul yang telah terinfeksi.

Pada umumnya, bisul bisa sembuh sendiri tanpa perawatan medis. Bawang putih hanya berperan sebagai terapi tambahan untuk mempercepat penyembuhan bisul.

Jika ukuran bisul semakin besar dan tidak sembuh sekitar dua minggu, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.(BA/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Empat Pertimbangan Utama Memilih Lensa Kacamata yang Baik


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bisul  

Terpopuler