BKN Pastikan Pelamar Salah Daftar CPNS Tetap Aman, Honorer Bisa Tenang

Kamis, 08 Agustus 2024 – 19:35 WIB
Pendaftaran CPNS 2024. Ilustrasi/foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan pelamar yang salah mendaftar CPNS khusus Papua Barat tetap aman. 

Terungkap bahwa bukan hanya pelamar umum yang sudah membuat akun SSCASN untuk pendaftaran CPNS 2021 formasi Papua Barat, tetapi honorer juga banyak, sehingga menimbulkan ketakutan bakal tereliminasi saat pendaftaran PPPK 2024 resmi dibuka. 

BACA JUGA: Sudah Ada SK MenPANRB, Pendaftaran CPNS 2024 Segera Dibuka

"Pelamar baik honorer maupun umum yang sudah terlanjur membuat akun pendaftaran CPNS untuk Papua Barat jangan khawatir. Nama mereka tidak akan dianulir, " kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN Suharmen kepada JPNN. 

Menurut Suherman, kalau baru bikin akun, berarti mereka masuk kategori belum mendaftar.

BACA JUGA: Pelamar CPNS 2024 & PPPK Sudah Bikin Akun SSCASN? Deputi BKN Beri Info Penting

Seorang pelamar dikatakan sudah mendaftar ketika telah memilih instansi dan kemudian mencetak kartu ujiannya.

Suharmen menegaskan pihaknya sudah memperbaiki tampilan link pendaftaran CPNS 2021 Papua Barat.

BACA JUGA: Anda Lulusan SMA Pengin Daftar CPNS 2021? Silakan Baca

Sebelumnya, kalangan honorer heboh dengan munculnya link pembuatan akun SSCASN. Link https://daftar-pbpbd-sscasn.bkn.go.id/akun ini, bahkan sudah banyak dibuka honorer

Timbul tanya apakah pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK sudah dibuka. Sebab, honorer sudah bisa buat akun SSCASN. 

"Memangnya pendaftaran sudah dibuka ya, kok bisa bikin akun ya. Teman-teman honorer heboh lho ini," kata Dewan Pembina Forum Honorer K2 Tenaga Teknis Administrasi Indonesia Nur Baitih kepada JPNN, Minggu (4/8). 

Bunda Nur, sapaan akrab Nur Baitih, mengaku telah mencoba membuka link tersebut dan ternyata bisa mengakses dengan mudah. 

Merespons hal tersebut Plt. Karo Humas BKN Vino Dita Tama menyatakan pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK belum dibuka. 

"Belum dibuka untuk pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK 2024," kata Vino saat dikonfirmasi. 

Sumber resmi JPNN menyebutkan link https://daftar-pbpbd-sscasn.bkn.go.id/akun diperuntukkan untuk formasi CPNS di Papua dan Papua Barat. 

Namun, hal tersebut kembali dipertanyakan Nur Baitih. Menurut dia, kalau hanya untuk Papua dan Papua Barat, kenapa bisa diakses luas oleh pelamar khususnya honorer. 

Dia khawatir banyak honorer dan pelamar umum yang membuat akun. Dampaknya, honorer tidak bisa membuat akun saat pendaftaran PPPK 2024 dibuka. 

"Pendaftaran PPPK 2024 ini sudah dinantikan jutaan honorer. Kalau orangnya tidak paham bakal jadi jebakan Batman," cetusnya. 

Ketika akun SSCASN sudah dibuat dengan memasukkan NIK, tetapi salah kamar karena khususkan buat Papua dan Papua Barat, maka honorer otomatis gugur. 

Dalam aturan pendaftaran CPNS dan PPPK sebelum-sebelumnya, BKN sebagai ketua panitia seleksi nasional (Panselnas) CASN berkali-kali mengingatkan pembuatan akun SSCASN hanya sekali. Artinya, pelamar cuma bisa memilih CPNS atau PPPK. 

Jika ada pelamar yang nekat mencoba, maka begitu membuka akun kedua otomatis gugur. 

"Ini berbahaya kalau kurang sosialisasi. Jangan sampai teman-teman membuat akun SSCASN di link yang sudah tersebar luas ini, ' imbau Bunda Nur. (esy/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
CPNS   honorer   BKN   Pendaftaran Cpns   PPPK  

Terpopuler