Blanc Hanya Andalkan Legiun Muda

Jumat, 03 September 2010 – 09:20 WIB
MUDA - Laurent Blanc memberi arahan dalam sesi latihan timnas Prancis, jelang laga kualifikasi Euro 2012. Foto: Getty Images.
PARIS - Pelatih timnas Prancis Laurent Blanc berambisi menjadikan partai pertama di kualifikasi Euro 2012 melawan Belarusia, dini hari nanti, sebagai momen bangkitProblemnya, begitu banyak hambatan yang mereka hadapi sebelumnya.

Setelah tersingkir memalukan dari Piala Dunia 2010 lalu, plus insiden aksi boikot latihan, sejumlah pemain andalan terkena sanksi

BACA JUGA: Hapus Trauma, Kembalikan Percaya Diri

Akibatnya, Blanc tidak bisa menggunakan tenaga mereka
Belum lagi, sejumlah pemain lainnya pun cedera.

Franck Ribery, Nicolas Anelka, Patrice Evra dan Jeremy Toulalan, masih terkena sanksi larangan bermain dengan durasi waktu berbeda

BACA JUGA: Di Bawah Mistar, Loew Pilih Neuer

Sementara, andalan lainnya seperti Samir Nasri, Djibril Cisse, Andre-Pierre Gignac dan Lassana Diarra, masih cedera.

Selain itu, playmaker andalan Prancis Yoann Gourcuff, juga tak bisa dimainkan Blanc
Pemain yang dianggap sebagai penerus Zinedine Zidane itu, terkena sanksi dua laga akibat kartu merah pada Piala Dunia 2010 lalu melawan Afrika Selatan.

Sebagai gantinya, sejumlah pemain debutan dipanggil Blanc untuk bergabung ke Prancis, seperti Kevin Gameiro, Cedric Carrasso, Mamadou Sakho, dan Benoit Tremoulinas

BACA JUGA: Setting Motor Sendiri di Kandang Sendiri

Blanc memang lebih mengandalkan muka-muka baru.

"Memiliki skuad yang dihuni pemain muda adalah hal bagusTapi kami belum cukup kompetitif untuk laga level tinggiKami berusaha kombinasikan dengan pemain yang lebih berpengalaman untuk menemani mereka," papar Blanc.

Pemain paling berpengalaman dalam skuad Prancis saat ini adalah Florent Malouda yang mencatat 57 capsSelain itu, ada Karim Benzema, Bakary Sagna, dan Alou DiarraKarena itulah, Blanc sempat gusar dengan sanksi yang dijatuhkan kepada sejumlah pemain senior.

Melawan Belarusia dini hari nanti, bukan hanya faktor pengalaman yang menjadi batu sandunganNamun, Les Bleus - julukan Prancis - juga tidak memiliki playmakerSelain Gourcuff dan Nasri yang absen, Hatem Ben Arfa juga tak dipanggil.

Ben Arfa sedang ribut dengan klubnya Olympique Marseille, dan tak bermain dalam beberapa laga terakhir"Saya butuh pemain yang bisa mengangkat permainan timSaya juga tidak akan menggantikan playmaker dengan yang bukan playmaker," urai Blanc.

Sementara itu, Malouda meminta kepada rekan-rekannya untuk fokus pada kualifikasi Euro 2012 dan melupakan Piala Dunia 2010"Sudah saatnya kami lupakan akan yang terjadi di Afrika SelatanPikirkan Belarusia dan Bosnia," kata Malouda.

Di sisi lain, Belarusia yang baru bergabung dengan FIFA pada 1992 lalu, dan belum pernah tampil di turnamen besar resmi, berambisi untuk membuat Prancis kecewa"Prancis tetap favoritTapi saya percaya kami punya peluang," ujar Bernd Stange, pelatih Belarusia(ham/ito/jpnn)

Perkiraan Pemain

Prancis (4-4-2): Lloris (g); Sagna, Rami, Mexes, Clichy; Menez, Diaby, Diarra, Malouda; Hoarau, Remy
Pelatih: Laurent Blanc

Belarusia (4-4-2): Amelchenko (g); Martynovich, Shitov, Sosnovsky, Omelyanchuk; Tigorev, Kulchy, AHleb, VHleb; Kornilenko, Kutuzov
Pelatih: Bernd Stange

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pulihnya Rooney Bikin Pede


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler