BNI Sekuritas Ajak 3 Mitra Menyukseskan Program Net Zero Emission

Kamis, 26 September 2024 – 09:21 WIB
Program CSR BNI Sekuritas yang dilaksanakan bersama mitranya. Foto: BNI S

jpnn.com, JAKARTA - PT. BNI Sekuritas menjalin kemitraan dengan Fairatmos, River Clean Up, dan Cemara Paper, dalam melaksanakan serangkaian kegiatan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) "We Move, We Share, We Care."

CSR tersebut berfokus pada tiga pilar yaitu literasi dan inklusi keuangan, keberlanjutan lingkungan, serta pemberdayaan masyarakat.

BACA JUGA: BNI Menargetkan Kantor Perwakilan Sidney Bisa Beroperasi jadi Kancab di Tahun Depan

Direktur Operasional dan Pembina CSR BNI Sekuritas, Yoga Mulya, menekankan komitmen perusahaan terhadap praktik berkelanjutan melalui inisiatif inovatif, yang bertujuan mengatasi tantangan lingkungan yang mendesak terkait darat, udara, dan air.

"Dengan bermitra bersama Fairatmos, River Clean Up, dan Cemara Paper, kami mengambil langkah konkret menuju pencapaian Net Zero Emission (NZE), sambil mendukung keberlanjutan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," kata Yoga dalam keterangannya, Kamis (26/9).

BACA JUGA: BNI Indonesian Masters Kembali Digelar, Total Hadiah Meningkat Jadi 2 Juta Dolar AS

Dalam langkah signifikan mendukung upaya NZE milik pemerintah, BNI Sekuritas menjalin kerja sama dengan Fairatmos, perusahaan teknologi iklim asal Asia Tenggara, untuk menanam 3.000 pohon mangrove secara bertahap di Laguna Segara Anakan, Cilacap, Jawa Tengah.

Penanaman tahap awal sebanyak 1.000 pohon telah dilakukan dan jumlah ini akan mencapai 3.000 pohon seiring dengan peringatan 30 tahun berdirinya BNI Sekuritas pada 2025.

BACA JUGA: BNI Kenalkan Aplikasi Wondr ke Pusat Kota Keuangan Dunia

Harapannya, kata dia, inisiatif tersebut dapat berkontribusi untuk menyerap sekitar 57 ton emisi CO2 ekuivalen atau lebih dalam sepuluh tahun ke depan.

CEO dan Founder Fairatmos Natalia Rialucky Marsudi melanjutkan antusiasmenya terhadap kolaborasi tersebut.

Pemilihan mangrove sebagai fokus penanaman sangat tepat, mengingat perannya yang krusial dalam ekosistem pesisir.

Mangrove tidak hanya menyerap emisi karbon secara efektif, tetapi juga melindungi garis pantai, menyaring air, dan menjadi habitat bagi berbagai spesies laut.

Fairatmos juga melibatkan Tim Koperasi JAWARA (Jaga Wana Segara) pada proses penanaman 3.000 pohon yang terdiri dari spesies Bakau (Rhizophora sp.), Tancang (Bruguiera sp.), dan Api-api (Avicennia sp.).

Menurut Natalia, Fairatmos berharap penanaman itu dapat memperkaya keanekaragaman hayati di Laguna Segara Anakan.

“Upaya BNI Sekuritas dan Fairatmos ini bukan hanya langkah strategis untuk keberlanjutan lingkungan, tetapi juga merupakan investasi yang akan memberikan dampak signifikan hingga puluhan tahun mendatang."

"Dengan menjaga dan melindungi ekosistem mangrove, kemitraan ini memiliki komitmen untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan berkelanjutan bagi generasi mendatang,” imbuhnya.

Selain penanaman mangrove, BNI Sekuritas berkolaborasi dengan River Clean Up, sebuah organisasi yang berfokus pada kebersihan sungai.

Kemudian sebagai bagian dari inisiatif keberlanjutan lainnya, BNI Sekuritas bersama Cemara Paper, sebuah organisasi yang memberdayakan penyandang disabilitas melalui proses daur ulang.

Dalam kolaborasi itu, BNI Sekuritas telah mendonasikan 52,26 kg sampah kertas dan 3,14 kg sampah plastik untuk didaur ulang menjadi produk ramah lingkungan. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BNI Raih Penghargaan dari OJK


Redaktur & Reporter : M. Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler