BNPB Tambah Bantuan Logistik untuk Penanganan Gempa Sulbar

Kamis, 28 Januari 2021 – 21:42 WIB
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi kantor Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, Selasa (19/1). Foto Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kembali menyerahkan bantuan untuk penanganan darurat gempa  Sulawesi Barat (Sulbar).

Bantuan itu diserahkan oleh Sekretaris Utama BNPB Harmensyah kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), di Pos Komando yang berada di kantor Gubernur Sulbar, Mamuju, pada Kamis (28/1).

BACA JUGA: Warga Minang Kirim 340 Kg Rendang untuk Korban Terdampak Gempa Sulbar

"Bantuan BNPB untuk mendukung pelayanan terhadap warga terdampak, seperti lauk pauk, makanan siap saji, makanan tambah gizi, tenda dan selimut," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam siaran pers di Jakarta.

Di samping kepada warga terdampak, bantuan BNPB juga dapat digunakan para petugas dalam memberikan pelayanan di pos pengungsian, seperti water treatment dan light tower portable serta genset.

BACA JUGA: Dilaporkan ke Bareskrim, Abu Janda Sebut Nama Habib Rizieq dan FPI

Dalam mendeteksi penyebaran Covid-19, BNPB juga memberikan bantuan berupa perangkat tes antigen dan masker kain.

"BNPB tidak ingin dalam suasana pascagempa, warga yang terdampak terbebani dengan permasalahan Covid-19," ujar Raditya.

BACA JUGA: Ada Arahan Gus Yaqut kepada Ansor soal Jenderal Listyo Sigit, Simak Kalimatnya

Berdasarkan data BNPB, bantuan yang diberikan itu berupa makanan dan nonmakanan, yaitu lauk pauk 1.038 paket, makanan siap saji 2.040 dan makanan tambah gizi 1.896.

Sementara bantuan nonmakanan berupa perlengkapan bayi 510 paket, light tower portable 6 unit, water treatment portable 7 unit, genset 5 KVA 31 unit, motor trail 250 CC 2 unit.

Berikutnya tenda pengungsi 32 unit, tenda pleton 16 unit, tenda keluarga 27 unit, tenda gulung 340 unit, Kasur lipat 352 unit, selimut 5.769 lembar, matras 270 unit dan velbed 320 unit.

Bantuan khusus dalam penanganan Covid-19, BNPB memberikan perangkat tes antigen 53.000 unit, masker kain 1.005.200 buah dan tenda isolasi 8 set.

"Total bantuan BNPB sejak awal penanganan darurat gempa Sulbar mencapai Rp 27,51 miliar.," jelas Raditya.(fat/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler