BNPT Tingkatkan Partisipasi Aktif Masyarakat Melalui Sharing Knowlegde

Kamis, 26 Oktober 2023 – 23:16 WIB
BNPT meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dengan mengadakan sharing knowledge. Foto: BNPT

jpnn.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus berupaya meningkatkan kinerja dan partisipasi aktif masyarakat dalam penanggulangan terorisme.

Upaya tersebut dilakukan dengan menggelar sharing  knowledge antara tim sinergisitas dan sekretariat Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme (RAN PE).

BACA JUGA: BNPT Perkenalkan Program Deradikalisasi ke Coordination Unit for Threat Analysis Belgia

Kebijakan RAN PE dan program sinergisitas merupakan dua kegiatan yang berfokus pada pelibatan dan pemberdayaan masyarakat.

Sharing tersebut berupa pola kerja dan metode kerja untuk penguatan kinerja, serta bagaimana RAN PE melibatkan Non-Governmental Organization (NGO) dan bagaimana sinergisitas melibatkan K/L.

BACA JUGA: Peringati 21 Tahun Bom Bali, Kepala BNPT: Kita Kutuk segala Bentuk Ideologi Kekerasan

"Intinya pelibatan masyarakat dalam penanggulangan terorisme," ujar Sekretaris Utama BNPT Bangbang Surono, dalam keterangannya, Kamis (26/10).

Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT Andhika Chrisnayudhanto menjelaskan keterkaitan antara keduanya.

BACA JUGA: BNPT Raih Juara Terbaik 1 JDIHN dan Juara 3 LDCC Award 2023

RAN PE adalah sebuah kebijakan yang dikeluarkan oleh presiden, sementara sinergisitas adalah sebuah program.

"Program sinergisitas adalah pelaksanaan pilar-pilar aksi RAN PE. Jadi, keduanya tidak dapat digabung, tetapi bisa di-merge," tuturnya.

Dalam kegiatan ini, masing-masing tim memaparkan tujuan mendatang. RAN PE dalam waktu dekat akan mengadakan rapat forum kemitraan nasional.

Kemudian, identifikasi pengukuran dampak RAN PE di daerah hingga melakukan fasilitasi penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) terkait pencegahan ekstremisme.

Sementara itu, tim sinergisitas akan konsisten membangun layanan dasar dan kesejahteraan menurut potensi dan sumber daya.

Juga, membangun kepemimpinan komunitas hingga membangun sinergi antar komunitas dalam mewujudkan keberlanjutan dan kemandirian.

Turut hadir tim Indonesia Knowledge Hub on Countering Terrorism and Violent Extremism (I-Khub) BNPT untuk penguatan database terorisme ruang digital yang interaktif dan komprehensif. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
BNPT   RAN PE   terorisme   teroris  

Terpopuler