Bocah Tujuh Tahun Kritis Kesetrum setelah Kencing Dekat Gardu Listrik

Selasa, 19 Mei 2015 – 15:53 WIB

jpnn.com - XI'AN - Seorang anak laki-laki berusia tujuh tahun di Tiongkok utara-barat kritis dengan luka bakar serius setelah kencing dekat gudang gardu listrik yang dikiranya toilet di Xi'an, Provinsi Shaanxi, Tiongkok, pada Sabtu lalu.

Seperti dilansir Cina Business News menyebutkan bahwa anak laki-laki itu bernama Fang Haohao, sedang menunggu bus dengan orang tuanya di halte bus di Xi'an. Sebelum bus menuju Lantian (arah rumah korban) datang, Fang kebelet pipis.

BACA JUGA: Sembilan Perampok Pangeran Arab Saudi Akhirnya Diringkus

Dia pun bergegas ke belakang penimbunan seperti arahan ayahnya. Karena tidak ada kamar mandi, Haohao pun melihat sebuah struktur bangunan kotak yang ditutupi kain. 

BACA JUGA: Halo Tweps! Barack Obama Baru Bikin Akun Pribadi

Sekilas kotak yang terlihat seperti bilik toilet umum itu, ternyata gardu listrik bertegangan 10.000 volt. Gardu itu sama sekali tidak dilengkapi dengan peralatan pengaman yang cukup.

"Sekitar dua menit kemudian, ayah Haohao mendengar berderak keras suara datang dari tempat anaknya berada. Ia melihat asap tebal yang berasal dari lokasi gardu tersebut. Anaknya berbaring di dalam, seluruh tubuhnya terbakar," kata surat kabar lokal Xi'an.

BACA JUGA: Mengaku Malaikat, Cabut Nyawa 2 Pasien, Racuni 20 Lainnya

Melihat anaknya terbakar, ayah Haohao cepat mengeluarkannya dari sana lalu merobek pakaiannya. Pada saat itu, rambut Haohao ini telah habis dan tubuhnya ditutupi lecet. Ayah Haohao, Mr Fang memanggil taksi dan bergegas membawa anaknya ke rumah sakit.

Menurut dokter, hampir setengah dari tubuh Haohao terbakar. Luka-lukanya yang begitu buruk bahwa tengkoraknya terlihat dan lengan kirinya harus diamputasi.

Polisi telah memeriksa lokasi kejadian namun tidak melihat gudang itu tanda peringatan bahaya, yang menunjukkan bahwa itu adalah gardu listrik 10.000 volt.

"Kami datang dari sebuah desa. Anak saya harus berpikir itu tidak beradab pipis di pinggir jalan di sebuah kota. Tapi di usianya, bagaimana mungkin dia tahu bahwa itu adalah sebuah gardu?" ujar Fang menangis.

Dia juga mempertanyakan mengapa tidak ada tanda-tanda peringatan yang menonjol di sekitar gardu dan mengapa hal itu tidak terisolasi dari masyarakat.

Menurut Qiu Zhendong, seorang guru fisika sekolah menengah di Xi'an, air kencing sebagian besar terdiri dari garam, dan merupakan konduktor listrik yang baik.

Mr Qiu mengatakan kepada Cina Business News bahwa arus listrik akan mengalir melalui air kencing. Bahkan arus bisa mengalir dari gardu hanya dalam sepersekian detik.

"Sebuah gardu, air kencing manusia dan tanah bisa membentuk penghantar listrik yang baik, sehingga bisa menyebabkan sengatan listrik ke tubuh manusia," kata guru itu. (ray/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inalillahi...Korban Perkosaan Brutal Itu Meninggal setelah 42 Tahun Koma


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler