Boediono: Demokrasi Tak Sekedar Memenangkan Pemilu

Sabtu, 11 Februari 2012 – 21:27 WIB

JAKARTA -- Wakil Presiden (Wapres) Boediono mengatakan, dalam proses membangun demokrasi, semua pilar akan mengalami perkembangan ke depan. Menurutnya, demokrasi jangan diartikan hanya untuk memenangkan pemilu.

"Tidak ada yang berhenti dalam proses evolusinya," kata Wapres, Sabtu (11/2), di Jakarta, saat menghadiri launching otobiografi Ketua DPD Irman Gusman, 'Jiwa yang Merajut Nusantara'.

Dia menegaskan, demokrasi tidak hanya sekedar bagaimana memenangkan pemilu. Lebih dari itu, menurutnya, ada hal yang lebih  fundamental terutama dalam masa konsolidasi demokrasi. "Adalah menata pilar-pilar (demokrasi)," ujarnya.

Ia menjelaskan, demokrasi adalah aturan main yang disepakati, diikuti dan dijaga bersama. "Tugas kita bangsa Indonesia, untuk memabngun pilar sesuai aturan yang disepakati. Itu inti tugas kita dalam konsolidasi demokrasi dalam dasawarsa ke depan," tegasnya.

Dia menegaskan, tugas Indonesia jauh lebih komplit dan menantang dalam membangun dan menata pilar demokrasi.
"Jadi lebih komplit menantang, karena kita bangsa yang beradab, dalam rangka menata pilar demokrasi, ada,tantangan lebih dibanding negara lain dalam hal sosial dan cultural," ujarnya. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Umar Patek Dijerat Pasal Terorisme


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler