Boko Haram Ucap Sumpah Setia dengan ISIS

Minggu, 08 Maret 2015 – 10:27 WIB
Abubakar Shekau. Foto: ist

jpnn.com - BOKO Haram mengucap sumpah setianya mendukung gerakan dan perjuangan ISIS. Dari sebuah audio yang konon berasal dari Abubakar Shekau, pimpinan Boko Haram, kelompok militan di Nigeria itu menyatakan dukungan terbuka untuk ISIS.

"Kami mengumumkan kesetiaan kami kepada kalifah umat Muslim, Ibrahim ibn Awad ibn Ibrahim al-Husseini al-Qurashi (merujuk pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi)," kata Shekau, seperti dilansir dari USA Today, Sabtu (7/3) waktu setempat.

BACA JUGA: Miris! Di Negeri Bollywood, Setiap Hari 93 Perempuan Diperkosa

Disebutnya, Boko Haram akan bergabung dengan ISIS, dan ini membuktikan dugaan selama ini bahwa kelompok militan Nigeria itu terus menjalin hubungan dekat dengan ISIS.

Boko Haram akan mendapatkan legitimasi, yang akan membantu merekrut, pendanaan dan logistik. Hal ini juga akan mendapatkan bimbingan dari ISIS dalam perang media dan propaganda. Sebelumnya Boko Haram adalah semacam buangan di komunitas Jihadi global. Sekarang, mungkin menjadi afiliasi terbesar ISIS.

BACA JUGA: Irak Pukul Mundur ISIS dari Al-Baghdadi

Sebelumnya, Juli lalu, pihak Amerika Serikat sempat meragukan dua kelompok militan ini bisa disatukan dalam sebuah kemitraan. Analisis CIA menilai Boko Haram berakar pada praktek-praktek Islam yang memiliki interpretasi fundamentalis terhadap Islam. Sementara keanggotaan ISIS cenderung memiliki sikap rasis terhadap kulit hitam.

Namun dengan adanya audio dari Shekau ini, teori maupun hasil analisis dunia barat terhadap ISIS dan Boko Haram bisa kembali mentah. (adk/jpnn)

BACA JUGA: MH370 Diyakini Akan Ditemukan di Samudra Hindia

BACA ARTIKEL LAINNYA... Presiden Korsel akhirnya Minta Maaf Soal Penusukan Dubes AS


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler