Bom Bangkok: Selain Si Baju Kuning, Si Baju Merah dan Putih juga Diburu

Kamis, 20 Agustus 2015 – 06:15 WIB
Salah seorang terduga pelaku Bom Bangkok, tertangkap dalam rekaman CCTV. Foto: ist.

jpnn.com - BANGKOK - Penyelidikan insiden Bom Bangkok, Senin (17/8) malam, yang memakan puluhan korban tewas dan ratusan orang luka-luka, terus digeber aparat kepolisian setempat. 

Aparat kepolisian kini sudah memiliki gambaran awal dari terduga pelaku. Sebelumnya, satu orang sudah diidentifikasi berbaju kuning dan sudah dalam pencarian pihak berwajib.

BACA JUGA: Astaga, Ada Ular Buessaarrr Ngumpet di Belakang Restoran

"Dari rekaman video CCTV sebelum ledakan di Kuil Erawan itu, penyidik menduga melihat dua orang lainnya. Dari penampilannya ada kemungkinan mereka orang Eropa atau Timur Tengah," kata juru bicara kepolisian, Prawut Thawornsiri. 

BACA JUGA: Mengenal Kuil Erawan, Rumah Patung Dewa Brahma yang Menjadi Sasaran Bom Bangkok

Hingga berita ini diturunkan, belum ada pihak yang mengaku bertanggungjawab atas ledakan di Bangkok, termasuk bom kedua yang terjadi pada Selasa (19/8) siang. Bila di bom pertama sampai memakan korban, tidak demikian dengan insiden bom kedua. 

Dalam sebuah wawancara di televisi nasional, Prawut juga mengungkap bahwa surat perintah penangkapan sudah keluar untuk Orang Asing terduga pelaku pemboman. Dalam sketsa yang sudah disebar pihak kepolisian, sosok terduga pelaku digambarkan berkulit putih, rambut hitam menengah-panjang alias sedikit gondrong, jenggot tipis dan memakai kacamata frame hitam.

BACA JUGA: Bom Bangkok: Polisi Buru Pria Berbaju Kuning, Dalami Motif Balas Dendam

"Dia berkulit putih, mungkin Eropa, mungkin Timur Tengah," kata Prawut.

Sketsa awal itu didasarkan pada rekaman yang menunjukkan seorang pria mengenakan T-shirt kuning membuang ransel di dalam kompleks kuil dan berjalan pergi melalui kerumunan wisatawan sekitar 20 menit sebelum ledakan. [Lihat Videonya/Reuters

Prawut juga mengatakan dua orang lainnya yakni sosok berbaju merah dan juga putih, yang terlihat berkeliaran bersama tersangka pertama juga sedang diburu. Dua orang tersebut, Si Merah dan Si Putih, diduga melindungi Si Baju Kuning dari dari pandangan orang banyak saat ia meletakkan tas ransel di depan pagar. (adk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Batman yang Kerap Kunjungi Anak-anak di RS itu Tewas Kecelakaan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler