Bonus Emas Rp1 Miliar

Senin, 16 Juli 2012 – 11:28 WIB

JAKARTA—Pemerintah menyiapkan bonus Rp1 miliar, bagi para atletnya yang mampu menyumbangkan emas di Olimpiade 2012 London. Sementara untuk atlet peraih perak bonusnya Rp400 juta dan Rp200 juta untuk atlet. Namun meski sudah menjanjikan bonus besar, 21 atlet yang berlaga di Olimpiade London tidak dibebani dengan target berat.

“Yang paling penting mudah-mudahan bisa menjaga tradisi emas. Minimal satu. Kalau dapat lebih ya syukur. Presiden juga sejak awal mengatakan tidak mau membebani atlet, yang penting dari atletnya sendiri sudah punya semangat,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Malarangeng di Istana Negara, Senin (16/7).

Pada Olimpiade kali ini, Indonesia hanya diperkuat oleh 21 atlet yang akan bertanding pada 7 cabang olahraga. Andi mengatakan, meski bulu tangkis adalah cabang yang diharapkan dapat menyumbang emas, namun bukan berarti cabang olahraga lainnya tidak menargetkan hal yang sama.

“Kita sudah siapkan para atlet ini sejak jauh hari. Jadi bukan tidak mungkin cabor lainnya juga bisa mendapatkan emas. Semua atlet ini punya semangat yang besar memberikan yang terbaik,” tegas Andi.

Persiapan keberangkatan ke London kata Andi, saat ini sudah hampir maksimal. Anggaran sebesar Rp26,6 miliar juga sudah disiapkan. Meski sebagian anggaran masih belum cair, Andi yakin keberangkatan para atlet tidak akan terganggu.”Karena dana ini sudah disetujui, hanya tinggal pencairannya saja,” katanya.

Pada pesta olahraga tertinggi di dunia yang rutin digelar 4 tahun sekali ini, Indonesia mengirimkan 21 atlet terbaiknya. Yang terbanyak berasal dari atlet cabor bulu tangkis yakni Taufik Hidayat, Simon Santoso, Ardianti Firdasari, Meiliana Jauhari, Greysia Polii, Bona Septano, Muhammad Ahsan, Ahmad Tantowi serta Liliayana Natsir.

Dari cabor atletik, diturunkan dua atlet yakni Fernando Lumain dan Triyaningsih.  I Gede Siman Sudarwata menjadi satu-satunya atlet renang Indonesia yang lolos ke Olimpiade London.  Sementara itu Ika Yuliana untuk cabor panahan, Diah Permatasari untuk cabor anggar dan Diaz Kusumawardhani untuk cabor menembak.(afz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Robby Darwis Finish?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler