Borong Indonesia Dorong UMKM Tumbuhkan Bisnis Lewat Cara ini

Sabtu, 18 Desember 2021 – 11:20 WIB
Platform Borong. Foto dok Borong

jpnn.com, JAKARTA - Borong Indonesia mengadakan rangkaian kegiatan guna memberi kesempatan bagi UMKM untuk mengembangkan bisnis, mulai dari edukasi hingga kesempatan mendapatkan eksposur secara nasional.

Sebagai salah satu penggerak perekonomian, UMKM dinilai memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi negara karena tersebar di seluruh pelosok tanah air dan mampu menyerap banyak tenaga kerja.

BACA JUGA: Keluarga Sengaja Sembunyikan Kenyataan Ini Agar Laura Anna tak Bunuh Diri

"Kami memahami akses distribusi dan exposure merupakan salah satu masalah utama bagi UMKM untuk berkembang.

UMKM harus terjun dan tenggelam ke dalam lautan bersama jutaan merchant lain yang bervariasi, mulai dari yang kecil hingga monster raksasa di lautan," ujar Country Manager Borong Indonesia Ronald Sipahutar.

BACA JUGA: Indonesia Aquaculture Outlook, Optimalisasi Perikanan Budidaya Lewat Teknologi

Untuk itu, Borong Indonesia ingin mengundang dan memberi kesempatan bagi para pengusaha UMKM untuk mengikuti kegiatan edukasi bertajuk UMKM Naik Kelas bersama pakar, mengenai pengembangan bisnis lewat rantai pasok yang akan diselenggarakan pada 5 Januari 2022.

Pihaknya membuka kesempatan kepada para pebisnis untuk memanfaatkan Borong sebagai platform supply chain dan distribusi terintegrasi dengan biaya terjangkau dan kesempatan untuk ekspansi bisnis ke seluruh Indonesia.

BACA JUGA: PT IWIP Serahkan Bantuan ke Sejumlah Rumah Sakit di Maluku Utara

Tidak hanya seminar edukasi, selama periode program Hari Borong Nasional, kesempatan juga terbuka bagi asosiasi usaha, komunitas dagang dengan minimal anggota 100 pengusaha, dan para UMKM atau produsen.

Mulai dari jenis usaha franchise, F&B, bisnis dengan exclusive market, hingga bisnis beregulasi khusus, untuk membuka storefront di marketplace resmi di platform Borong secara gratis yang dapat diakses dari seluruh wilayah Indonesia, di mana para anggota asosiasi dan komunitas akan mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan produk-produknya secara digital.

Di Hari Borong Nasional, Borong Indonesia tidak hanya memberikan exposure dalam tingkat nasional, tetapi juga menyediakan platform e-Commerce, yang bisa dikelola secara mandiri, sudah dilengkapi dengan Payment Gateway hingga Shipping Aggregator.

"Tidak seperti Open Marketplace yang populer saat ini, dengan platform Borong, para UMKM tidak akan berkompetisi dengan perusahaan/bisnis maupun merchant yang sudah mapan. Hanya di sini, UMKM bisa membuat program terpersonalisasi kepada pelanggannya," seru Meiske Livia, Strategic Demand Partnership Borong Indonesia.

Pendaftaran seminar edukasi akan dibuka pada 17 Desember 2021 - 4 Januari 2022.

Sedangkan pendaftaran marketplace untuk peserta Asosiasi dan UMKM akan dibuka pada 17 Desember 2021 - 16 Januari 2022, dan perayaan Hari Borong Nasional akan dimulai 2 - 30 Januari 2022.   

Selain itu, Borong Indonesia juga turut memberikan kesempatan untuk menikmati potongan biaya berlangganan sebesar 50% dan akses ke 170.000 retailer di seluruh Indonesia bagi bisnis dan UMKM, yang berpartisipasi di Hari Borong Nasional ini.

Bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM,  HIPPINDO, AP3I, APGAI dan beberapa asosiasi lainnya, Borong Indonesia melalui kegiatan ini ingin memberikan dampak yang lebih besar bagi ekonomi Indonesia dengan menyentuh level UMKM untuk membuat UMKM naik kelas lewat rantai distribusi.

Kunjungi https://borong.co.id/ untuk info lebih lanjut.(chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler