Bosan di Kantor? Simak 4 Tips Desain Ruangan Agar Karyawan Betah

Senin, 24 April 2017 – 07:12 WIB
Ruang kantor. Ilustrasi. Foto ADG

jpnn.com - Apakah Anda termasuk karyawan yang seringkali melihat jam dalam menanti saat pulang ke rumah? Bila iya, mungkin ada yang salah dengan desain ruangan di kantor Anda.

Percaya atau tidak, desain ruang kantor bisa mempengaruhi kinerja Anda di kantor.

BACA JUGA: Jangan Sembarangan Menggunakan Botox, Ini Bahayanya

Business Manager Dekoruma Rafi Sarumaha mengatakan, desain ruangan yang buruk bisa membuat Anda tak nyaman dan ingin segera pulang.

Lalu, seperti apa desain ruang kantor yang benar?

BACA JUGA: Simak Ya Girls, Begini Cara Memakai Foundation yang Benar

Urusan desain ruangan kantor mungkin bukan tanggung jawab Anda, tapi kalian bisa memberikan saran.

“Sedikitnya, ada empat hal yang harus diperhatikan saat mendesain ruangan kantor,” ujar Rafi belum lama ini.

BACA JUGA: Tenaga Medis Indonesia Masih Cueki Obat Herbal

Berikut empat hal yang harus diperhatikan saat mendesain ruangan kantor:

1. Tentukan Layout Ruangan.

Pada awalnya, kantor merupakan sebuah ruangan besar tanpa sekat. Untuk itu, dibutuhkan layout ruangan yang tepat untuk memasang sekat dengan benar. Pertama, harus dibedakan antara ruang kerja, ruang rapat, dan ruang bersantai.

“Kedua, jenis ruangan ini sebaiknya diberi sekat agar tak ada kegiatan yang mengganggu karyawan lainnya, misalnya ruang meeting yang terganggu oleh ruang bersantai,” ucap Rafi.

Namun, sekat saja tak cukup. Suasana berbeda tiap jenis ruangan bisa diperjelas dengan warna cat atau karpet yang berbeda. Alasan Anda tak betah di kantor bisa jadi karena pembagian zona yang tak tepat.

2. Masukkan Unsur Alam ke Dalam Ruangan.

Berada di dalam ruangan tertutup tanpa ada tumbuhan hijau yang bisa dilihat bisa sangat membosankan. Untuk itu, coba masukkan unsur alam ke dalam ruangan. Bila kantor tak menyediakan tanaman ini, Anda bisa mengusahakannya sendiri.

“Bawa tanaman dalam pot kecil dan letakkan di meja kerja sebagai obat mata yang lelah karena terlalu lama terpapar cahaya monitor,” kata Rafi

Tanaman yang dibawa ke dalam ruangan pun sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan adaptasinya. Tanaman ini harus yang mampu bertahan hidup meski tanpa sinar matahari langsung. Beberapa jenis tanaman yang bisa Anda bawa ke kantor adalah bunga Aster Garbera dan Peace Lily.

3. Pilih Meja dan Kursi Kantor yang Tepat.

Berada di dalam posisi duduk yang sama dalam waktu berjam-jam setiap harinya, kursi dan meja yang tidak tepat bisa membuat Anda semakin mudah lelah dan bosan.

Untuk mendukung produktivitas karyawan, setiap kantor memang sudah seharusnya memilih kursi dengan desain ergonomic, misalnya sandaran tubuh yang fleksibel agar tulang punggung tidak cepat lelah. Anda dapat menemukan berbagai model kursi kantor di Dekoruma dengan harga termurah.

Selain kursi, meja kantor juga memegang peran penting. Meja harus memiliki tingkat ketinggian yang cukup agar memudahkan Anda dalam mengetik.

Sebab, meja yang terlalu tinggi atau rendah akan membuat lengan Anda lebih mudah lelah. Selain itu, ada baiknya bila meja memiliki pijakan kaki agar kaki lebih santai saat bekerja.

Memilih meja dan kursi kantor yang tepat memang gampang-gampang sulit. Setidaknya, Anda harus mendapatkan informasi yang cukup sebelum membelinya. Beberapa informasi pentingnya antara lain bahan, adanya komponen pendukung seperti sandaran tubuh, sandaran tangan, dan fleksibilitas.

“Salah satu tempat penjualan kursi dan meja kantor yang menyediakan semua informasi tersebut adalah Dekoruma,” tegas Rafi.

4. Pengaturan Cahaya Ruangan.

Pencahayaan merupakan salah satu faktor penting dalam urusan produktivitas saat bekerja. Karena selama ini hampir semua karyawan bekerja dengan menggunakan laptop atau komputer, paparan cahaya monitor sudah membuat mata lelah.

Untuk itu, ruang kerja sebaiknya dilengkapi dengan pencahayaan yang disesuaikan. Hindari lampu yang memancarkan spektrum berwarna biru karena bisa membuat mata semakin lelah.

Mengenai lampu, sebaiknya Anda menyarankan pihak kantor menggunakan lampu jenis LED (Light Emithing Diode).

Lampu ini dinilai lebih tahan lama dan baik untuk kesehatan karena tidak mengandung sinar UV yang bisa merusak kulit juga mata.

Selain itu, lampu ini juga disebut tidak menimbulkan panas berlebih, berbeda dengan lampu neon dan pijar biasa. Lampu LED ini banyak bentuknya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Lampu LED ini banyak bentuknya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai referensi sebelum membeli, Anda bisa melihat aneka model lampu LED di Dekoruma.

Lain di ruang kerja, lain pula di ruang bersantai. Ruang bersantai bisa menggunakan cahaya yang lebih redup.

Ini untuk menghindarkan mata dari kelelahan karena sebelumnya telah banyak menghabiskan waktu di ruang kerja yang cahayanya sudah terang. Cahaya redup di ruang bersantai bisa sebagai cara untuk mengistirahatkan mata.

Menurut Rafi, keempat hal tersebut sangat berpengaruh pada produktivitas Anda di kantor. Untuk menciptakan ruang kantor yang nyaman dan mendukung kinerja, konsep desain memang sangat penting.
Sedangkan untuk segala perabotan pendukung, Anda bisa mendapatkannya di Dekoruma yang menyediakan harga khusus untuk pemesanan perabot dalam skala besar.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketahui Manfaat Salat untuk Kesehatan


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Dekoruma  

Terpopuler