BPBD Belum Terima Laporan Kerusakan Akibat Gempa Magnitudo 4,9 di Sukabumi

Rabu, 09 Oktober 2024 – 01:00 WIB
Gempa bumi M4,9 yang berpusat di Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Selasa, (8/10/2024) pukul 21.12 WIB. ANTARA/HO/ (BMKG)

jpnn.com, KOTA SUKABUMI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih belum menerima laporan adanya bangunan seperti rumah maupun fasilitas umum/sosial yang rusak di Kota Sukabumi, Jawa Barat akibat getaran gempa M4,9 yang berpusat di Kabupaten Sukabumi hingga Selasa malam pukul 22.00.

"Petugas di lapangan masih melakukan penyisiran dan asesmen, hingga kini kami belum mendapatkan laporan maupun informasi kerusakan akibat terdampak gempa yang terjadi pada pukul 21.12 WIB," kata Kalak BPBD Kota Sukabumi Novian Rahmat di Sukabumi, Selasa.

BACA JUGA: Gempa 2006 dan Ancaman Megathrust Jadi Alasan SDN 3 Imogiri Menyeriusi Program SPAB

Menurut Novian, getaran gempa dirasakan oleh sebagian warga Kota Sukabumi, namun tidak sampai terjadi kepanikan di tengah masyarakat.

Selain itu, kondisi di lapangan pun tetap kondusif serta tidak ditemukan adanya warga yang bertahan di luar rumah karena khawatir atau trauma terhadap kejadian gempa.

BACA JUGA: BMKG Minta Warga Gorontalo Cek Konstruksi Bangunan Seusai Gempa M 6,4

Namun demikian, dia meminta masyarakat untuk tetap waspada, antisipasi terjadinya gempa susulan dengan magnitudo yang lebih besar, namun warga tidak perlu khawatir secara berlebihan.

Kemudian, jika terjadi gempa jangan panik, bergegas lari ke luar rumah atau bangunan, menjaga jarak dengan bangunan antisipasi roboh atau berlindung seperti di bawah meja atau kolong tempat tidur atau benda yang bisa melindungi tubuh dari material bangunan yang jatuh dan pastikan seluruh keluarga berada di tempat yang aman.

BACA JUGA: Gandeng Pemda, Bea Cukai Gencar Kampanyekan Gempur Rokok Ilegal Lewat Beragam Acara

"Kami meyakini gempa M4,9 tidak menimbulkan kerusakan, akan tetapi belum bisa dipastikan menunggu kepastian yang dilaporkan petugas penanggulangan bencana yang memastikan tidak ada dampak kerusakan," tambahnya.

Rilis yang dikeluarkan BMKG gempa yang terjadi pada Selasa malam ini berlokasi di 7.76 lintang selatan (LS) - 106.55 bujur timur (BT), 85 km selatan Kabupaten Sukabumi yang berada di kedalaman 11 km.

Gempa ini, selain dirasakan oleh sebagian warga Sukabumi, juga dirasakan warga Kabupaten Cianjur hingga Garut dan gempa yang berpusat di perairan laut selatan Kabupaten Sukabumi tidak berpotensi tsunami. (antara/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Alhamdulillah, Bantuan Kemensos untuk Korban Gempa Morotai Sudah Tiba


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler