BPIP Gelar Festival Kebangsaan di Kota Palu demi Membumikan Pancasila

Selasa, 09 Agustus 2022 – 23:02 WIB
Wakil Kepala BPIP Dr. Karjono (enam dari kiri) pada malam puncak Festival Kebangsaan di Kota Palu, Senin (8/8). Foto: dok BPIP

jpnn.com, PALU - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu bekerja sama membumikan Pancasila.

Festival kebangsaan digelar untuk memperingati bulan Pancasila dan menyemarakkan HUT Ke-77 RI dengan beberapa rangkaian acara seperti workshop video musik kebangsaan, bedah karya musik kebangsaan, lomba video pendek dan konten kreatif.

BACA JUGA: Kepala BPIP Ingatkan Paskibraka Harus jadi Contoh di Masyarakat

Acara ini dilaksanakan sejak 3 Agustus hingga malam puncak yang berlangsung di Taman Gor Palu, Senin (8/8).

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Dr. Karjono menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya berbagai rangkaian kegiatan-kegiatan tersebut. 

BACA JUGA: BPIP Dorong Capaskibraka Jadi Pahlawan Masa Depan

“Kami dari BPIP mengapresiasi terkait dengan berbagai aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam rangka semarak bulan Pancasila di Kota Palu ini. Kami unsur Pimpinan BPIP menghaturkan terima kasih bahwa semangat ini adalah bentuk nyata kita untuk menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa,” tuturnya.

Hal itu dikatakannya saat memberikan sambutan pada malam puncak acara sekaligus menutup secara resmi kegiatan Festival Kebangsaan tersebut.

BACA JUGA: Kepala BPIP Beber Peran Besar Muntok dalam Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Karjono mengapresiasi adanya kelurahan berdikari yang sudah mengedepankan nilai-nilai pancasila dan semangat gotong royong dalam bermasyarakat. 

Dia juga mengapresiasi adanya lomba menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza. Dia mengingatkan untuk jangan ragu menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza karena sudah ada peraturan yang mengaturnya.

Dia berharap lagu tersebut senantiasa dapat dinyanyikan dengan benar dan dihayati bersama.

Sekretaris Utama BPIP Adhianti, juga menyampaikan apresiasi atas berbagai rangkaian acara yang diselenggarakan Pemerintah Kota Palu. Contohnya, dia merasa takjub dengan semangat anak-anak sekolah dasar dalam mengikuti lomba paduan suara menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza.

“Kami biasa melihat dan mendengar nyanyian Indonesia Raya itu orang dewasa, tapi tadi pagi itu saya merinding melihat anak-anak kecil sekolah dasar menyanyikan Indonesia Raya. Saya yakin itu amat sangat membekas pada anak- anak. Saya yakin 20-30 tahun lagi mereka duduk di kursi jajaran saya itu,” katanya.

Adhianti mengapresiasi Kota Palu dalam penyelenggaraan Festival Kebangsaan yang melibatkan semua elemen potensi Kota Palu, seperti menggaet para pelaku seni yang sejalan dengan konsep pentahelix yang digagas BPIP.

“Kami menyambut baik bahwa Kota Palu bersedia menjadi tuan rumah untuk acara festival kebangsaan. Mereka menggerakkan atau melibatkan semua potensi yang ada di Kota Palu. Kami bisa lihat mereka menggerakan pelaku seni yang ada di Kota Palu,” katanya.

Wakil Wali Kota Palu, Reny A. Lamadjido, berharap kegiatan semacam itu dapat terus dilaksanakan secara terus menerus terlebih sebagai kegiatan positif membumikan Pancasila.

“Saya berharap acara-acaranya seperti ini tidak hanya berlangsung tahun ini. Mudah-mudahan saya dan Bapak Wali Kota sangat mendukung Pak Kaban Kesbangpol yang melakukan hal-hal positif yang berkaitan dengan ideologi Pancasila” ujarnya.

Acara yang dihadiri Gilang Ramadan (drummer & musisi), Ngatawi Am-Zastrouw (budayawan), Cindy Gulla (Selebgram & YouTuber) turut memeriahkan acara yang dipadati warga Kota Palu. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler