BPIP Minta Purna Paskibraka Duta Pancasila Mengejawantahkan Nilai Pancasila

Senin, 21 Februari 2022 – 14:08 WIB
BPIP meresmikan Purna Paskibraka Duta Pancasila angkatan sebelum 2021 gelombang pertama di Jakarta pada Kamis (17/2). Foto: Humas BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mayor Jenderal TNI (pur) Wisnu Bawa Tanaya, S.I.P meminta Purna Paskibra Duta Pancasila di seluruh Indonesia untuk menjadi benteng negara dalam menjaga Pancasila.

“Saya mengajak kepada adik-adik Purna Paskibraka Duta Pancasila untuk mengabdikan diri sebagai benteng Indonesia,'' ucapnya saat menjadi narasumber.

BACA JUGA: BPIP Perkenalkan Video Salam Pancasila sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa

Hal itu dikatakan Wisnu saat BPIP meresmikan Purna Paskibraka Duta Pancasila angkatan sebelum 2021 gelombang pertama di Jakarta pada Kamis (17/2).

Dia juga mengajak Purna Paskibraka yang baru dikukuhkan itu untuk bergotong royong dan berkolaborasi untuk membumikan Pancasila sampai pelosok Nusantara.

BACA JUGA: BPIP: Pers Berperan Membawa Perdamaian Bagi Kemajuan Bangsa

“Tugas adik-adik belum selesai. Ibu pertiwi memanggil, berdirilah dengan gagah dan jagalah Sang Saka Merah Putih agar tetap berkibar di seluruh pelosok Indonesia,'' ujarnya sambungnya.

BPIP menjadi daya tempur bagi masyarakat Indonesia yang berjiwa Pancasila.

BACA JUGA: Begini Sikap BPIP Perihal RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

“Karena itu, saya ingin mengajak semuanya bahwa BPIP adalah dapur atau daya tempurnya Pancasila, baik fisik maupun nonfisik,'' paparnya.

Kepala BPIP Prof. Drs. Yudian Wahyudi, M.A., P.hD berharap Purna Paskibra Duta Pancasila di seluruh Indonesia untuk memegang teguh konsensus terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kami berharap para Duta Pancasila ini dapat memegang teguh Pancasila, undang-undang dasar, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara,'' ucapnya saat menyampaikan pengantar penetapan.

Mereka harus menjadi teladan dalam mengejawantahkan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Adik-adik harus menanamkan nilai-nilai Pancasila, kebangsaan, persatuan dan kesatuan, cinta tanah air, serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dalam wadah NKRI”, tutupnya.

Hal senada dikatakan Wakil Kepala BPIP Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. Dia menegaskan Purna Paskibra sebagai Duta Pancasila agar menjadi nakhoda pembumian Pancasila.

"Kami mengucapkan terima kasih dan berharap kepada Purna Paskibraka agar berkomitmen dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila,'' ujarnya.

Tidak hanya mengibarkan bendera sejak upacara, Purna Paskibra adalah pilihan, untuk memilih itu butuh persyaratan dan tidak semua orang memenuhinya.

"Artinya, sejak pengangkatan, adik-adik memiliki nilai-nilai Pancasila," paparnya.

Ketua Umum Purna Paskibra Indonesia (PPI) Goesta Fariza mengatakan, menjadi Duta Pancasila adalah tanggung jawab tambahan sebagai pengurus PPI.

Karena itu, dia akan terus berkomitmen dalam pembumian Pancasila.

“Ini adalah tanggung jawab tambahan kami sebagai Purna Paskibraka. Jadi, kami akan berkomitmen dalam pembumian Pancasila,'' ucapnya.

Dia menuturkan, menjadi Duta Pancasila adalah tugas mulia yang tidak akan berhenti sampai kapan pun dan sebagai ujung tombak dalam mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila. 

Dia mengajak kepada seluruh Purna Paskibra di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri, untuk menggelorakan Pancasila.

“Menjadi Duta Pancasila adalah tugas mulia yang tidak akan berhenti sampai kapan pun. Saya mengajak kepada Purna Paskibra di mana pun berada mari gelorakan Pancasila,'' katanya. (mrk/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler