BPKP Terjunkan Kontingen Auditor Kawal PON Aceh-Sumut

Selasa, 10 September 2024 – 16:41 WIB
BPKP menerjunkan auditornya untuk mengawal akuntabilitas tata kelola penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumatera Utara tahun 2024. Foto: Humas BPKP

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menerjunkan auditornya, untuk mengawal akuntabilitas tata kelola penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara tahun 2024.

Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Raden Suhartono menjelaskan pengawasan BPKP dilakukan untuk menjaga akuntabilitas penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

BACA JUGA: Saaih Halilintar Dikabarkan Gagal Ikut PON Karena Belum Punya NPWP, Thariq Halilintar Bilang Begini

"BPKP juga bersinergi dan berkolaborasi dengan APIP kementerian terkait serta Inspektorat Aceh dan Provinsi Sumatera Utara, dalam mengawal akuntabilitas dan tata kelola event olahraga berskala nasional ini," ujar Raden dalam keterangannya, Selasa (10/9).

Sementara itu, Deputi Bidang Polhukam PMK, Iwan Taufiq Purwanto, selaku Deputi yang menangani pengawasan PON menyebutkan puluhan auditor dikerahkan untuk memonitor games time dalam penyelenggaraan PON.

BACA JUGA: Polri Terjunkan Ribuan Personel Amankan PON XXI 2024 di Aceh dan Sumut

"Total auditor BPKP Pusat dan Perwakilan yang dikerahkan berjumlah 77 orang di Aceh dan Sumut," ucapnya. 

Iwan menjelaskan 77 kontingen auditor tersebut terdiri dari BPKP Pusat 14 orang, BPKP Perwakilan Aceh 41 orang, serta BPKP Perwakilan Provinsi Sumut sebanyak 22 orang. 

BACA JUGA: BSI Buka 30 Outlet Akhir Pekan di PON Aceh

Dia berharap penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 dapat meraih empat sukses yakni sukses prestasi, penyelenggaraan, ekonomi, dan sukses administrasi.

"Satu lagi tambahan yaitu sukses pemanfaatan aset pasca-PON," lanjutnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan PON merupakan ajang untuk melahirkan lebih banyak atlet terbaik bangsa, pemecah rekor dunia, calon peraih medali emas di Asian Game, Sea Games, bahkan Olimpiade. 

Jokowi juga mengajak seluruh peserta agar menjadikan PON sebagai ajang mempererat persatuan, dan mengokohkan tali persaudaran.

“Oleh sebab itu saya titip betul pegang teguh sportivitas dan fair play. Mari kita semua merayakan pekan olahraga nasional ini dengan semangat kebersamaan, dengan semangat sportivitas dan kegembiraan untuk mengukir prestasi yang membanggakan negeri," kata Jokowi.

Diketahui, PON XXI 2024 digelar di dua provinsi yaitu Aceh dan Sumatera Utara, mulai 9 hingga 20 September 2024. (mcr8/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rizki Juniansyah Sabet Emas PON XXI 2024, Banjir Rekor Nasional


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler