Brace Wiljan Pluim Bawa PSM Kalahkan PSIS Semarang 2-1

Minggu, 06 Maret 2022 – 18:53 WIB
Pemain PSM Makassar saat merayakan gol. Foto:dok PSM Makassar

jpnn.com, JAKARTA - PSM Makassar berhasil menaklukkan PSIS Semarang dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-29 Liga 1 2021/2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggi (6/3) petang.

PSM sempat tertinggal 0-1 terlebih dahulu dari PSIS melalui gol yang dicetak oleh Jonathan Cantillana menit ke-13. Tim Juku Eja membalas melalui gol brace Wiljan Pluim pada menit ke-29 dan 60'.

BACA JUGA: Sejumlah Pejabat Polres Ogan Ilir Dimutasi, Termasuk AKP Shisca Agustina, Ada Apa?

Performa PSM memang terlihat lebih baik dari PSIS. Selain unggul dalam penguasaan bola, tim asal Kota Daeng ini juga mampu menekan pertahanan PSIS lebih sering.

Baru empat menit laga berjalan, PSM berhasil menciptakan peluang matang via Patrick Kallon memanfaatkan umpan Rasyid Bakri. Sayang, eksekusi yang kurang bagus menjadikan bola tak tepat mengarah ke gawang.

BACA JUGA: PSM Putus Tren Negatif di Liga 1, 2 Pemain Ini Tampil Gemilang

PSM menciptakan peluang kembali melalui Pluim, sayang sepakannya masih menyamping tipis di sisi kanan gawang. 

Saat asyik menyerang, PSM kecolongan karena serangan hang dibangun oleh PSIS. Pelanggaran sampai harus dilakukan oleh pemain Juku Eja kepada penggawa Mahesa Jenar. 

BACA JUGA: Mobil Anggota Polri Kecelakaan di Dekat Pintu Perlintas Kereta Api, Begini Kondisinya

Sepakan bebas diberikan wasit, Cantillana yang menjadi eksekutor sukses menceploskan bola. PSM tertinggal 0-1 dari PSIS.

Gol itu menjadikan penggawa PSM terlecut dan bermain lebih kesetanan untuk membongkar pertahanan tim asal Kota Lumpia itu.

Upaya PSM baru membuahkan hasil pada menit ke-29. Aksi Patrick Kallon yang mengirimkan assist ke Wiljan Pluim, sukses dimaksimalkan menjadi gol. Jebol gawang PSIS yang dijaga Joko Ribowo, skor berubah menjadi 1-1.

Kedua kesebelasan berusaha untuk menambah gol dalam sisa laga babak pertama. Namun, tak ada gol tercipta sampai peluit tanda akhir babak pertama ditiup.

Memasuki babak kedua, perubahan dilakukan oleh masing-masing pelatih dari kedua tim. Perubahan itu tak banyak berbuah bagi PSIS, tetapk untuk PSM, pergantian yang dilakukan cukup efektif.

Setelah 15 menit babak kedua berjalan, PSM mampu menambah gol sekaligus membalikkan keadaan. Aksi Pluim yang menunjukkan kemampuan individualnya melewati tiga pemain belakang PSIS dan mengakhirinya dengan sepakan membuat gawang PSIS jebol.

Menit ke-60, PSM unggul 2-1 atas PSIS Semarang.

Gol Pluim tersebut menjadikan PSIS lebih agresif. PSM yang ingin menjaga keunggulan, tampil lebih tenang dan disiplin terutama di lini tengah dan belakang.

Berkali-kali peluang dihasilkan oleh Mahesa Jenar. Namun, performa ciamik Hilman Syah di bawah mistar PSM, mampu terus mematahkan serangan PSIS.

Sampai peluit panjang ditiup oleh wasit, belum ada gol tercipta lagi. PSM pun memastikan kemenangan atas PSIS dengan skor 2-0.

BACA JUGA: Inilah Tampang Pembunuh Joko Lelono yang Ditemukan Tewas Bersimbah Darah di Depan SPBU

Tambahan tiga poin ini membuat PSM naik ke posisi sebelas klasemen sementara. Juku Eja mengoleksi 32 poin. Sementara itu, PSIS masih tertahan di posisi kedelapan dengan 38 poin.(dkk/jpnn)


Redaktur : Budi
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler