Brazil v Pantai Gading: Lebih Berat

Minggu, 20 Juni 2010 – 05:30 WIB
SULIT - Para pemain Pantai Gading saat menyulitkan Portugal, termasuk dengan mengeroyok Cristiano Ronaldo (tengah), dalam pertandingan 15 Juni lalu. Foto: Jamie McDonald/Getty Images/FIFA.com.

JOHANNESBURG - Brazil punya peluang mengunci tiket ke 16 besar, di matchday kedua dini hari nantiNamun, itu bukan tugas mudah

BACA JUGA: Slovakia v Paraguay: Berbekal Laga Awal

Di laga pertama lalu, mereka cukup kesulitan mengalahkan tim berperingkat 105 dunia, Korea Utara
Kali ini, Julio Cesar dkk harus menghadapi lawan yang di atas kertas lebih kuat, yakni Pantai Gading (siaran langsung RCTI pukul 01.30 WIB).

Kendati secara teknis L'Elephants alias Si Gajah - julukan Pantai Gading - jauh lebih baik daripada Korut, Brazil malah lebih bersemangat menyongsong laga ini

BACA JUGA: Tak Mau Dipandang Sebelah Mata?

Pasalnya, mereka mengaku lebih mudah menghadapi tim yang berkarakter menyerang daripada bertahan total
Pasukan Carlos Dunga itu pun yakin bakal lebih mudah meraih poin penuh.

"Saya yakin mereka akan memainkan strategi ofensif

BACA JUGA: Anggarkan Rp 30 Miliar untuk Deltras

Itu akan memaksa kami untuk lebih banyak berlari, tapi secara umum menguntungkan kami," papar Dunga, sebagaimana  dilansir Associated Press"Jika kami bermain melawan tim yang lebih banyak menyerang, kami bisa mengeksploitasi ruang-ruang kosong yang mereka tinggalkan," lanjutnya.

Kendati memenangi laga perdana, Dunga mengakui performa anak buahnya belum sempurnaBrazil kekurangan kreativitas, sehingga ketika berhadapan dengan tim yang strateginya tidak bisa diduga seperti Korut, mereka tidak bisa berbuat banyak kecuali bertindak berdasarkan permainan lawanMereka pun tidak bisa mengambil kendali permainan.

Itu diperparah dengan Kaka yang belum juga mengeluarkan bentuk permainan terbaiknyaSaat melawan Korut, playmaker berusia 29 tahun itu bahkan harus ditarik keluar di menit ke-78, lantaran cedera pahanya kambuh.

Untuk menutupi kekurangan ini, Dunga berusaha memaksimalkan skuad yang dimilikinyaSelama latihan, dia sering bereksperimen dengan komposisi pemainKadang dia menempatkan bek sayap Daniel Alves di sektor tengah, juga memainkan Robinho sebagai playmaker alih-alih sebagai striker murniNamun, untuk melawan Pantai Gading, tampaknya dia akan memakai skema yang biasa.

"Kuncinya adalah sabarSkema apapun yang dipakai nanti, kami harus menghadapi permainan Pantai Gading dengan sabar," ungkap Robinho"Kami harus menjaga passing-passing pendek sampai menemukan ruang untuk membuka peluang golAkan lebih mudah jika kami mencetak gol di 15 menit pertamaDengan begitu, permainan akan lebih terbuka," papar eks bintang Manchester City itu.

Satu hal yang patut diwaspadai Brazil, Pantai Gading belum merebut satu kemenangan punDalam laga ini tentunya mereka akan all out demi membuka peluang ke 16 besarApalagi, ada kemungkinan mereka bakal diperkuat bintang utama sekaligus kaptennya, Didier DrogbaStriker Chelsea itu bermain selama setengah jam ketika melawan Portugal (15/6) dan mengaku cukup fit untuk tampil sejak awal.

"Kami sudah melupakan hasil melawan PortugalKini, tiap pemain berada dalam kondisi yang sangat sangat baik, dan penuh percaya diri," tutur Emanuel Eboue, defender L'Elephants, seperti dikutip Reuters"Jika Drogba bermain, bakal lebih bagus lagi buat kami," lanjutnya.

Pemain yang merumput di Arsenal itu mengaku, menghadapi Brazil akan sangat sulitMenurut dia, timnya tidak akan meniru strategi Korsel yang 100 persen bertahan dan hanya mengandalkan serangan balikNamun, bukan berarti mereka juga akan total ofensif menyerang seperti biasanya.

"Tidak akan sepenuhnya menyerangPasti kami akan mengkombinasikannya dengan pertahanan yang bagusItu penting, mengingat Brazil adalah tim terbaik di duniaKami ingin memanfaatkan tiap kesempatan," kata Eboue"Tapi fakta bahwa kami akan berhadapan dengan mereka juga memotivasi kami," imbuhnya.

Terlepas adanya Drogba atau tidak, pasukan Sven Goran Eriksson itu memang cukup percaya diriMelihat kesulitan Samba - sebutan Brazil - saat meladeni Korut, mereka yakin juara dunia lima kali itu bukannya tidak mungkin dikalahkan"Merebut tiga angka dari Brazil bukan hal yang tidak mungkinSaya menaruh respek tinggi pada mereka, tapi tidak takut," tegas gelandang Ismael Iote, kepada Independent Online(na)


Data Pertandingan

Stadion: Soccer City, Johannesburg
Kapasitas: 88 ribu penonton
Wasit: Stephane Lannoy (Prancis)

Perkiraan Pemain

Brazil (4-3-3): 1-Cesar (g); 2-Maicon, 3-Lucio, 4-Juan, 6-Bastos; 5-Felipe Melo, 8-Gilberto Silva, 7-Elano; 10-Kaka, 11-Robinho, 9-Luis Fabiano
Pelatih: Carlos Dunga

Pantai Gading (4-3-3): 1-Boubacar Barry (g); 20-Demel, 4-Kolo Toure, 5-Zokora, 17-Tiene; 21-Eboue, 19-Yaya Toure, 9-Tiote; 15-Dindane, 8-Kalou, 11-Drogba
Pelatih: Sven Goran Eriksson

Lima Laga Terakhir
Brazil
15/06/10 v Korea Utara         2 - 1
07/06/10 v Tanzania              1 - 5
02/06/10 v Zimbabwe            0 - 3
02/03/10 v Irlandia                  2 - 0
17/11/09 v Oman                    0 - 2
Pantai Gading
15/06/10 v Portugal                0 - 0
04/06/10 v Jepang                  0 - 2
30/05/10 v Paraguay              2 - 2
03/03/10 v Korea Selatan     2 - 0
18/11/09 v Jerman                 2 - 2

Di atas kertas
Kedua negara belum pernah bertemu di ajang resmiTapi, dilihat dari tren lima laga terakhir, Brazil jauh lebih baikMereka merebut 100 persen kemenangan, sementara Pantai Gading hanya sekali menang, dan sekali kalah.

Bursa Asian Handicap
0 : 3/4

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dinamit Denmark Eliminasi Kamerun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler