BRI Peduli Mendongkrak Ekonomi Pulau Komodo via Bantuan Infrastruktur Pariwisata

Sabtu, 16 Oktober 2021 – 18:29 WIB
BRI Peduli beraksi nyata dalam mendongkrak ekonomi masyarakat di Desa Komodo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Foto: BRI

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) beraksi nyata dalam mendongkrak ekonomi masyarakat di Desa Komodo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Hal ini dilakukan dengan menyalurkan infrastruktur penunjang wisata alam yang mendorong pariwisata di Pulau Komodo.

BACA JUGA: BRI Peduli Creation Scholarship Umumkan 10 Pemenang, Berikut Daftarnya

Adapun bantuan infrastruktur itu berupa dermaga, renovasi balai desa, hingga pembangunan jalur tracking, dan sarana penunjang lain seperti signage, gazebo atau pos istirahat.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan program bantuan yang diberikan BRI merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) yang dikenal dengan nama BRI Peduli.

BACA JUGA: BRI Peduli Bantu Urban Farming di 18 Lokasi di Indonesia, Total Donasi Rp 1,8 Miliar  

"Bantuan itu bertujuan untuk menarik minat wisatawan agar dapat berkunjung dan melihat lokasi kerajinan kayu, di mana lokasi ini dikelola langsung oleh masyarakat di Desa Komodo," beber Catur dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu (16/10).

Menurut Catur, potensi wisata di Pulau Komodo bukan hanya dari kehadiran Komodo saja sebagai satwa endemik di kawasan tersebut.

BACA JUGA: 3 Cara BRI Ajak Pekerjanya Peduli Isu LST

Namun, ada pula budaya masyarakat setempat yang memang perlu diangkat dan diperkenalkan dengan luas dan memiliki daya tarik tersendiri.

“Dengan pengembangan infrastruktur dan pariwisata di wilayah yang dikelola oleh masyarakat setempat, maka akan ada dampak langsung kepada perekonomian masyarakat di Desa Komodo,” ujarnya.

CRS berupa BRI Peduli memiliki konsep untuk membantu meningkatkan kondisi lingkungan atau Pro Planet, masyarakat atau Pro People dan ekonomi atau Pro Profit.

Adapun bantuan di Pulau Komodo ini merupakan bentuk bantuan yang Pro People dengan tujuan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat melalui sektor pariwisata.

Namun demikian, pengembangan pariwisata tetap memperhatikan kelestarian lingkungan, khususnya dalam menjaga habitat asli Komodo.

Melalui berbagai aksi CSR BRI Peduli yang berkesinambungan, BRI telah dinobatkan menjadi bank terbaik dalam pelaksanan program tanggung jawab sosial perusahaan tersebut.

"Selama tiga tahun berturut-turut yaitu pada 2018, 2019, dan 2020, BRI diganjar dengan predikat Best Bank For CSR in Indonesia dari Asiamoney Best Bank Award," tegas Catur. (jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
BRI peduli   BRI   BBRI   CSR   Ekonomi   infrastruktur   Pulau Komodo  

Terpopuler