Brigjen Antoninho Pimpin Upacara Penjemputan Satgas Purnatugas Pengamanan Pulau Terluar

Senin, 22 Juli 2024 – 09:37 WIB
Danrem 151/Binaiya selaku Dankolakops/Komandan Komando Pelaksana Operasi Pengamanan Pulau Terluar Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva S.I.P., M.Han (keempat kiri) memimpin upacara Penjemputan Satgas Purnatugas Pengamanan Pulau Terluar Maluku XXVI Yonif 733/Masariku berlokasi di Lapangan Markas Komando Yonif 733/Masariku Jalan Leo Wattimena Desa Waeheru, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Sabtu (20/7/2024). Foto: Dispenad

jpnn.com, AMBON - Korem 151/Binaiya ditunjuk sebagai penyelenggara Upacara Penjemputan Satgas Purnatugas Pengamanan Pulau Terluar Maluku XXVI Yonif 733/Masariku Tahun 2023-2024 penuh makna dan hikmah.

Upacara tersebut berlokasi di Lapangan Markas Komando Yonif 733/Masariku Jalan Leo Wattimena Desa Waeheru, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Sabtu (20/7/2024).

BACA JUGA: KSAL: Lembaga Pendidikan TNI AL Tidak Hanya Mencetak Prajurit Pengawak Alutsista

Sesuai dengan perintah Pangdam XV/Pattimura selaku Pangkogasgab Pengamanan Pulau Terluar Maluku Indonesia Timur bahwa bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Danrem 151/Binaiya selaku Dankolakops/Komandan Komando Pelaksana Operasi Pengamanan Pulau Terluar Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva S.I.P., M.Han dapat berjalan dengan hikmah, lancar aman dan terkendali.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kasrem 151/Binaiya, Para Kasi Kasrem 151/Binaiya, Para Komandan/Kabalak Korem 151/Binaiya serta tamu undangan lainnya.

BACA JUGA: Tiga OPM Tewas, Ratusan Warga Bakar Mobil TNI dan Polri

Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva menjelaskan penunjukan dirinya menjadi Inspektur Upacara dalam rangka mewakili Pangdam XV/Pattimura.

Sebab, Pangdam sedang melaksanakan tugas penting yang tidak bisa ditinggalkan.

BACA JUGA: Imparsial Desak DPR dan Pemerintah Setop Pembahasan RUU TNI yang Bermasalah

Dalam Upacara tersebut Komandan Korem 151/Binaiya selaku Komandan Komando Pelaksanaan Tugas Operasi/Dankolakops Pengamanan Pulau Terluar menyampaikan beberapa hal.

Pertama, perlu diketahui bersama bahwa secara umum TNI berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara.

Berdasarkan UU No. 34 Tahun 2004, ada 3 tugas pokok TNI yakni (1) menegakkan kedaulatan negara. (2) mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.                                                                         

(3) melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Kedua, dalam Pelaksanaan Tugas Pengamanan Di Pulau Terluar Indonesia Timur, sesuai Standar Operating Porcedure/S.O.P makaTNI mengunakan Landasan Konstitusionalnya yaitu Pertama, Undang-Undang RI Nomor 27 Tahun 2007 tentang bagaimana pengelolaan wilayah-wilayah pesisir di pulau terluar.

Kedua, Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 6 Tahun 2007 tentang bagaimana penetapan pulau-pulau kecil terluar di wilayah Indonesia timur.

Ketiga, sesuai dengan surat perintah dari Pangkogasgab Pamputer Maluku Nomor: Sprint /1242/VII/2023 tanggal 16 Juli 2024 tentang perintah melaksanakan pengamanan di Pulau terluar di wilayah Maluku, Indonesia Timur.

“Itulah yang menjadi landasan konstusional yang digunakan oleh Satgas dalam melaksanakan Pengamanan di Pulau Terluar Indonesia,” ujar Brigjen Antoninho.

Menurut dia, Satuan Tugas yang melaksanakan pengamanan di beberapa pulau terluar indonesia khususnya di indonesia timur mulai dari kepulauan Aru, kepulauan Tanimbar, kepulauan Maluku Barat Daya.

Dia menjelaskan Satgas pengamanan pulau terluar Yonif 733 digantikan oleh Yonif 734 maupun 735 yang telah melaksanakan tugas operasi kurang lebih 12 bulan atau satu tahun.

Tugas mereka sebut, kata Jenderal Bintang Satu ini, melaksanakan pengamanan secara profesional Integratif dan komprehensif di pulau terluar yang telah ditentukan dari Komando atas.

Namun, satu hal yang perlu kita ketahui bersama secara seksama bahwa dalam Hukum Laut Internasional /UNCLOS atau United Nations Convention on the Law of the Sea 1982 mengatakan bahwa Batas-batas dalam mengelola Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia adalah 12 Mil dari garis pantai, merupakan kedaulatan negara kita.

“Dengan demikian maka tugas Satgas Pamputer adalah mengamankan dan menjaga perbatasan negara agar tidak terjadi penyelundupan, Transnational Crime, aktivitas intelijen dari negara asing yang dapat merugikan negara lndonesia serta mengantisipasi segala bentuk ancaman eksternal dari luar,” ujar Danrem.

Terkait keberhasilan yang diperoleh dari Satgas Purna Tugas Pamputer Yonif 733/Masariku yaitu mendapatkan beberapa senjata laras panjang rakitan sehingga Pos yang mendapat prestasi tsb saya beri Piagam Penghargaan yaitu di pulau Tanimbar yang dekat dengan Australia dan Timor Leste.

Para prajurit mendapatkan senjata rakitan tersebut dari hasil pengalangan dan pembinaan komunikasi sosial yang efektif dengan Masyarakat sehingga Masyarakat menyerahkan senjata tersebut asal muasal senjata tersebut mungkin berasal dari saat kerusuhan waktu lalu sehingga dibawa oleh masyarakat, disimpan dan akhirnya diberikan kepada prajurit.

“Alhamdulillah, diamankan dan dilaporkan ke komando atas sesuai dengan prosedur yang berlalu,” ujar Brigjen Antoninho.

Seusai pelaksanaan Upacara Penjemputan Satgas Purna Tugas Yonif 733/Masariku Danrem selaku Dankolakops memberikan pengarahan secara singkat kepada prajurit yang baru bergabung kembali di satuannya agar segera beradaptasi dengan lingkungan barunya di Home Base.

“Hindari secara bentuk pelanggaran, jauhi penyalahgunaan Narkoba dalam bentuk apapun. Jauhi Minum-minuman keras beralkoholik, hindari sedini mungkin judi online dan pemijaman online yang akhir-akhir ini viral di medsos dan sangat merugikan negara dan secara perorangan,” ujarnya.

Dia juga meminta ppara prajuritnya untuk menjadi Indonesia dengan pengabdian tiada akhir tanpa pamrih.

“Sebagai prajurit sapta marga sejati yang selalu menjunung tinggi harkat dan martabat bangsa Indonesia dimanapun berada We Love Indonesia Forever,” ujarnya.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler