Brimob Sterilisasi Gereja Sebelum Misa

Selasa, 25 Desember 2012 – 14:07 WIB
MENJELANG ibadah Natal, Selasa (25/12) pagi ini, sejumlah gereja di Samarinda, disterilisasi tim dari Poltabes Samarinda dan Gegana Brimob Polda Kaltim, Senin (24/12). Sterilisasi dilakukan di gereja yang berkapasitas besar, mencapai 3 ribu umat Nasrani. Seperti, Gereja Katedral, Gereja Santo Lukas, dan Gereja Immanuel.

"Sterilisasi dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan. Intinya, kami berusaha agar kegiatan umat Nasrani di gereja nanti berlangsung aman," kata Kapolresta Samarinda Kombes Arief Prapto Santoso, saat ditemui di Gereja Katedral, Jalan Jenderal Sudirman.

Kata Arief, akan diturunkan 750 personel untuk menjaga keamanan gereja saat Misa Natal. Petugas juga diterjunkan untuk mengantisipasi kemacetan di depan gereja dan beberapa ruas jalan. Pantauan Kaltim Post (JPNN Grup), kemarin, 10 orang dari Gegana Polda Kaltim melakukan penyisiran di sejumlah sudut gereja.

Sterilisasi pertama dilakukan di Gereja Katedral."Kami menyisir sejumlah lokasi, tidak ditemukan benda  yang mencurigakan,“ terang Jhoni, salah satu anggota Tim Gegana.

Sementara itu, Humas Gereja Katolik Katedral Frangki Suryali, kemarin siang, mengatakan,” Persiapan sudah. Kami akan mengelar Misa Natal yang dihadiri 3.000 umat Katolik (tadi malam), untuk memperingati lahirnya Yesus Kristus. Misa akan dipimpin Uskup Agung. Besok (pagi ini) pukul 06.00 Wita, kami lanjutkan dengan Misa Natal”.

Ditambahkan, gereja akan mengadakan 2 hingga 3 kali kebaktian dalam setiap Misa. Tadi malam Misa diadakan tiga kali, yaitu pukul 17.00 Wita, 19.30 Wita, dan 22.30 Wita. Sementara Misa Selasa (25/12) pagi ini, pihak gereja akan membagi dua bagian. Yaitu Misa Pagi pukul 06.00 Wita dan Misa Sore pukul 18.00 Wita.

Sebelumnya,  Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Antonius Wisnu, mengatakan selama Operasi lilin 2012 yang dimulai Minggu (23/12) dan berakhir 2 Januari 2013, personel gabungan yang dilibatkan ada 2.144 orang dan 35 pos pelayanan yang tersebar di seluruh wilayah Kaltim. (fan/far/k2)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tambang Longsor, 13 Penambang Sempat Terkurung

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler