Bu Mega Resmikan 25 Kantor Baru PDIP Hari Ini

Minggu, 30 Mei 2021 – 11:45 WIB
Pengurus PDIP di sejumlah daerah sudah melakukan persiapan peresmian kantor partai secara virtual yang akan dilakukan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri alias Bu Mega dari Jakarta, Minggu (30/5). Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyebutkan kantor partai sebagai wujud kehadiran partai di tengah keseharian kehidupan rakyat, dan tidak hanya hadir jelang pemilu atau pilkada saja. Foto: PDIP.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dijadwalkan meresmikan sekitar 25 gedung kantor baru partai di tingkat provinsi, kabupaten/kota, serta kecamatan.

Bu Mega akan melakukan peresmian kantor baru itu dari markas DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (30/5) sore.

BACA JUGA: Hasto Harap Kantor PDIP Yogyakarta Jadi Rumah Rakyat dan Tempat Budaya

Menurut Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, mengingat sekarang masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka Bu Mega akan melakukan peresmian secara daring yang diikuti oleh kader dari seluruh Indonesia.

"Ibu Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri akan meresmikan langsung,” kata Hasto, Minggu (29/5).

BACA JUGA: Sumpah Pemuda! Bu Mega Bakal Resmikan 13 Kantor Baru PDIP

Hasto mengatakan Bu Mega memahami keinginan kader yang menginginkan putri Proklamator Kemerdekaan RI Bung Karno itu hadir secara langsung meresmikan kantor baru partai.

Namun, dia menyatakan, Presiden Kelima RI itu memiliki keprihatinan mendalam terkait pandemi Covid-19 di tanah air, sehingga peresmian digelar secara virtual.

BACA JUGA: Realisasikan Perintah Megawati Soekarnoputri, PDIP Gelar Simulasi Penanganan Bencana

“Meskipun begitu, nanti Ibu Mega tetap akan menandatangani prasasti dan berpidato," ungkap Hasto.

DPP PDIP terus membangun kantor partai di seluruh Indonesia. Sebelumnya, pada 22 Juli 2020, sudah diresmikan 20 kantor baru di empat provinsi dan 16 kabupaten/kota.
Kemduian, bersamaan dengan peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020, diresmikan 13 kantor, satu Patung Soekarno dan satu sekolah partai. Salah satunya adalah kantor partai yang megah di Yogyakarta, kota kelahiran Megawati.

Hasto menjelaskan Konges PDIP mengamanatkan kepada Bu Mega, maupun dirinya untuk memastikan kehadiran kader partai di tengah masyarakat. Salah satu wujudnya ialah kantor-kantor PDIP yang tersertifikasi sebagai bagian dari aset partai.

Namun, lanjut Hasto, bukan hanya sebagai gedung biasa, kantor partai di seluruh wilayah Indonesia itu berfungsi juga sebagai rumah rakyat. "Ada aktivitas dan jiwa di dalamnya,” katanya.

Menurut Hasto, hal itu untuk menunjukkan bahwa kader partai tidak hadir hanya saat jelang pilkada, pemilu legislatif, atau pemilihan presiden saja.

“Namun, mereka hadir dalam keseharian kehidupan rakyat lewat berbagai kegiatan politik, kaderisasi, hingga yang menyatu bersama rakyat," kata politikus asal Yogyakarta itu.

Hasto juga memastikan bahwa seluruh kantor partai tersebut dibangun dengan cara gotong royong. Hal ini sejalan dengan intisasi Pancasila seperti disampaikan Proklamator Bung Karno yakni gotong royong.

"Karena kepribadian bangsa Indonesia yang memang suka tolong menolong. Gotong royong itu juga diwujudkan saat membangun kantor partai di setiap daerah ini," urai Hasto.

Peresmian kantor baru partai kali ini akan dilaksanakan terhadap tiga kantor partai setingkat DPD alias provinsi. Yakni kantor DPD PDIP Kalimantan Timur, DPD PDIP Sulawesi Tengah, dan DPD PDIP Maluku.

Untuk kantor setingkat DPC akan dilakukan di 16 kabupaten/kita.

Yakni DPC PDIP OKU Timur, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Kapuas, Barito Utara, Pulang Pisau, Pamekasan.

Kemudian, DPC PDIP Kota Tangerang Selatan, Sukoharjo, Murung Raya, Bojonegoro, Kota Tasikmalaya, Kota Metro, Brebes, Barito Selatan, dan Tapanuli Utara.

Sementara kantor partai setingkat kecamatan alias PAC PDIP akan dilakukan di 6 kecamatan di Sukoharjo, Jawa Tengah. Yakni di PAC Sukoharjo, PAC Nguter, PAC Bulu, PAC Weru, PAC Polokarto, dan PAC Mojolaban. (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler