Bu Mega Tiba di Rusia, Apa Agendanya?

Minggu, 15 September 2024 – 00:16 WIB
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri tiba di St. Petersburg, Rusia, mendarat di Bandara Pulkova, pada Sabtu (14/9) sekitar pukul 19.00 waktu setempat. Foto: Source for jpnn

jpnn.com, ST PETERSBURG - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri tiba di St. Petersburg, Rusia, mendarat di Bandara Pulkova, pada Sabtu (14/9) sekitar pukul 19.00 waktu setempat. 

Megawati tiba setelah melakukan perjalanan dari Jakarta, dan sempat transit di Tashkent, Uzbekistan.

BACA JUGA: Diimingi Rp300 Ribu, 5 Kader PDIP Mengaku Dijebak Menggugat, Kini Meminta Maaf kepada Megawati

Saat tiba, Megawati disambut oleh tim advance serta anggota rombongan yang sudah terlebih dahulu datang di St.Petersburg.

Ada Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, lalu Anggota DPR Herman Herry. Selain itu, ada juga Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia Jose Tavares dan Duta Besar Dunia Pendidikan dan Iptek untuk St.Petersburg University Connie Rahakundini Bakrie.

BACA JUGA: Soal Pertemuan Megawati-Prabowo, Puan: Silaturahmi Penting, Insyaallah 

Tampak Megawati memakai kemeja putih bergaris dipadu celana berearna beige, dengan sebuah selendang melingkari lehernya. Megawati didampingi oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, dan beberapa sahabat dekat.

“Kapan kamu datang dari Jerman?” Kata Megawati kepada Ahmad Basarah yang menyalaminya.

BACA JUGA: Soal Pertemuan Prabowo-Megawati, Muzani: Insyaallah Terjadi Sebelum Pelantikan

“Baru tadi subuh, bu,” kata Basarah menjawab.

Basarah memang baru saja melakukan tugasnya sebagai pimpinan MPR ke Jerman. Dan dari Jerman, ia langsung terbang ke Petersburg.

Satu per satu, Megawati menyalami semua orang yang menyambutnya di bandara tersebut. 

Connie mengajak Megawati untuk rehat sejenak dan menikmati teh di holding room.

"Silakan, Bu Connie, kan, tuan rumah," canda Megawati.

Semua tampak tertawa mendengar guyonan itu.

Selanjutnya terjadi percakapan akrab antara Megawati dengan Wakil Ketua Komisi Hubungan Eksternal St.Petersburg Vyacheslav Kalganov, Connie, Herman Herry, Dubes Jose Tavares, Menteri Bintang dan Basarah.

Setelah beristirahat sebentar di holding room bandara, Megawati lalu berjalan keluar dan memasuki kendaraan yang sudah disiapkan menuju kota Petersburg.

Mega dijadwalkan melakukan sejumlah kegiatan di kotai kelahiran Presiden Rusia Vladimir Putin itu.

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, putri Proklamator RI Soekarno itu akan mengikuti sejumlah pertemuan dan menyampaikan kuliah umum.

Sehari setelah tiba, Megawati dijadwal melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas St. Petersburg Prof. Nikolay Kropachev, lalu kuliah umum.

Hari berikutnya, Megawati akan menghadiri jamuan makan siang oleh Gubernur St. Petersburg di Balai Kota. Megawati juga akan memberi Keynote Speech di Forum Rektor Universitas se-Rusia, dilanjutkan peletakan bunga di Piskarevsky Memorial Cemetery, yang merupakan kenangan atas peristiwa Pengepungan Leningrad.

Seusai dari Rusia, Megawati akan melanjutkan perjalanan ke Uzbekistan untuk ziarah ke makam Imam Besar Al Bukhori di Samarkand, dan menerima gelar doktor kehormatan dari Silk Road University, Samarkand. (tan/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dapat Penugasan dari Megawati, Hendi Minta Restu Jokowi


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Megawati   Rusia   basarah   Kuliah Umum  

Terpopuler