Bu Risma Mendorong Pelaku Usaha Berinovasi di Tengah Pandemi Corona

Rabu, 09 September 2020 – 23:15 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. FOTO: ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya

jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendorong para pelaku UMKM untuk tetap berinovasi di tengah pandemi virus corona (covid-19).

Selain itu, pihaknya juga melakukan terobosan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

BACA JUGA: Ridwan Kamil dan Bupati Karawang Mengapresiasi Bantuan Mesin PCR dari Sampoerna

Salah satu caranya ialah dengan Bazar Urban Farming, Pahlawan Ekonomi, dan Pejuang Muda memperingati HUT ke-75 RI dan HUT ke-107 PT HM Sampoerna.

Dalam pembukaan yang dilakukan secara daring, para pelaku usaha memaparkan produknya masing-masing.

BACA JUGA: Sampoerna Donasikan Mesin PCR dan APD kepada Pemda Malang dan Pasuruan

Salah satunya ialah Aliwati Ashari, peserta program Pahlawan Ekonomi asal Kecamatan Karang Pilang, yang memaparkan produk-produk yang dijualnya. Di antaranya aneka sayur-sayuran hidroponik.

Ada juga kelompok nelayan ibu-ibu yang berasal dari Kecamatan Bulak Kenjeran.

Risma pun mendengarkan secara saksama pemaparan produk dari para pelaku usaha.

Dia mengapresiasi hal-hal baru yang dilakukan pedagang. Menurutnya, pandemi virus corona menuntut masyarakat berpikir cerdas dan kreatif.

“Tuhan mengajarkan kita untuk berpikir lebih maju lagi. Jangan pernah menyampaikan tidak bisa. Kita tidak boleh begitu saja menyerah dan pasrah,” kata Risma.

Di sela-sela bazar online juga diisi beberapa pelatihan. Di antaranya, pelatihan good manufacturing practices (GMP) dengan narasumber Teti Estiasih dari Universitas Brawijaya dan Sri Hastuti Widowati dari Sampoerna Enterpreneurship Training Center (SETC).

Secara terpisah, Direktur Sampoerna Elvira Lianita memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Surabaya yang telah konsisten mengembangkan UMKM melalui berbagai program, termasuk Pahlawan Ekonomi.

Program kolaborasi dengan Sampoerna itu telah melahirkan banyak pelaku UMKM yang menginspirasi para wirausahawan baru.

"Para pahlawan ekonomi ini juga telah membantu menggerakkan roda perekonomian di Kota Surabaya dan sekitarnya serta membuka lapangan kerja bagi warga sekitar," ujar Elvira, Rabu (9/9).

Elvira berharap kegiatan bazar online turut membuka pintu kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk berjejaring dalam memasarkan produknya di tengah pandemi covid-19.

"Mari kita menjadikan pandemi ini sebagai peluang untuk terus lebih maju dalam berusaha. Kuncinya adalah untuk semangat, jangan mudah putus asa, dan selalu memperhatikan selera pasar," kata Elvira. (jos/jpnn)


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler