Buat Yang Sering Nyampah Sembarangan, Bakal Banyak CCTV Lho

Senin, 08 Agustus 2016 – 10:49 WIB
CCTV. Foto: AFP

jpnn.com - BALIKPAPAN - DPRD Balikpapan tengah menjajaki penggunaan closed circuit television (CCTV) di kendaraan umum. Selain mengawasi lalu lintas kendaraan, kamera juga akan mengawasi perilaku sopir maupun penumpang yang buang sampah sembarangan.

Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Andi Arif Agung mengatakan, aktivitas masyarakat di jalan protokol perlu diawasi. Selain meminimalisasi tindakan kriminal dan memantau apabila terjadi kecelakaan lalu lintas, CCTV juga akan merekam warga yang membuang sampah sembarangan.

BACA JUGA: Polisi Tangkap 3 Pria dan Seorang Perempuan Saat Asyik Bermain, Nih Fotonya

Arif berharap, di tahap awal, terobosan ini mulai diterapkan di angkutan umum yang terintegrasi dengan Sistem Manajemen Angkutan Umum (SIMAU).

"Kami akan diskusikan dengan Dinas Perhubungan kajiannya seperti apa. Sehingga bisa dilaksanakan," ucap Arif di laman Kaltim Post, Minggu (7/8).

BACA JUGA: Sebarkan! Ibu Ini Tega Tinggalkan Bayi di RS Selama Sebulan

Dia menambahkan, apabila interkoneksi CCTV dengan SIMAU berjalan, maka seluruh angkutan umum akan diawasi melalui layar kaca.

"Kalau kedapatan membuang sampah di jalan, akan dicatat nopol-nya (nomor polisi). Pihak pengelolanya mendapat teguran," sambungnya.

BACA JUGA: Mayat Pria Berbaju Loreng Mengambang di Cisadane

Mengenai sanksi yang selanjutnya diberikan, DPRD menyerahkan tindak lanjutnya pada Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP).  (ane/riz/k15/jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Beli Laptop, Laahhh... Masuk Penjara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler