Buka Bareng Nelayan, Prabowo Beber Program Pemberdayaan

Selasa, 16 Juli 2013 – 22:33 WIB
JAKARTA - Calon Presiden (capres) Partai Gerindra, Prabowo Subianto, hari ini (16/7) berbuka puasa bersama dengan masyarakat nelayan di Muara Angke, Jakarta Utara. Prabowo hadir di tengah-tengah ratusan nelayan yang memadati Masjid Al Mubarok itu atas undangan Komunitas Masyarakat Muara Angke.

Dalam acara yang berlangsung sederhana dan penuh keakraban itu, Prabowo mengaku senang bisa hadir di tengah-tengah nelayan. Ia pun memanfaatkan momen itu untuk membeber enam program Gerindra di hadapan para nelayan.

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu menegaskan, Indonesia tercatat sbagai negara maritim. Karenanya, nelayan harus diberdayakan. "Posisi nelayan sangat penting dalam sistem ekonomi nasional," katanya.

Namun sayangnya, lanjut putra begawan ekonomi Soemitro Djojohadikusumo itu, pemerintahan saat ini justru menganut sistem ekonomi neoliberal. Parahnya, anggaran negara pun bocor sehingga masyarakat yang jadi korban.

Prabowo menambahkan, karena menganut paham neoliberal maka pemerintah pun tak berpihak pada masyarakat kebanyakan seperti petani dan nelayan. Ia mencontohkan kenaikan harga BBM yang membuat nelayan kesulitan. "Nelayan tidak bisa melaut dan tercekik pendapatannya," tuturnya.

Karenanya Prabowo sengaja membeber 6 Program Aksi Transformasi Bangsa Partai Gerindra sebagai bukti keberpihakan partai binaannya itu dalam  memajukan kesejahteraan nelayan dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Di antaranya adalah mendorong perbankan nasional dan lembaga keuangan lainnya untuk memprioritaskan penyaluran kredit bagi petani, nelayan, buruh, pegawai, dan pedagang tradisional lainnya.

Sedangkan Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon menambahjan,partainya jika kelak berkuasa akan mendirikan Bank Tani dan Nelayan. "Bank ini yang secara khusus menyalurkan kredit untuk pertanian, perikanan, dan kelautan serta memperbesar permodalan lembaga keuangan mikro untuk menyalurkan kredit bagi rakyat kecil, petani, nelayan, buruh, pedagang tradisional dan pedagang kecil," tegasnya.

Selepas acara buka puasa, Prabowo ikut shalat maghrib berjamaah bersama warga. Setelah itu, Prabowo mengunjungi para nelayan dan warga di pelelangan ikan Muara Angke.(jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dicecar JPU, Mertua Irjen Djoko Menangis

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler