Buka Munas IV Hanura, OSO: Kita Masih Berdiri Kokoh Seiring Sejalan Bersama

Minggu, 18 Agustus 2024 – 23:52 WIB
Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang di Munas IV Partai Hanura di The Stones, Legian, Bali, Minggu (18/8) malam. Foto: Tim OSO.

jpnn.com - LEGIAN - Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta Odang membuka secara resmi Musyawarah Nasional (Munas) IV di The Stones Hotel, Legian, Bali, Minggu (18/8) malam.

Munas bertema Hanura Baru, Daerah Maju, Indonesia Bersatu, itu dihadiri ribuan kader dari DPP, DPD, DPC, Lasmura, Srikandi Hanura. 

BACA JUGA: Hanura Jatim Usulkan Munas Dipercepat dan Oso Kembali Jadi Ketua

Salah satu agenda munas ialah pemilihan ketua umum Partai Hanura untuk periode 2024-2029. 

OSO, panggilan akrab Oesman Sapta, yang hadir didampingi istrinya, Serviati Oesman, disambut hangat ribuan kader yang sudah memadati arena munas. 

BACA JUGA: OSO: Lebih Dari 800 Orang Mendaftarkan Diri untuk Maju Pilkada 2024 Melalui Hanura

OSO kemudian menyampaikan orasi politik serta arahan-arahan kepada para kader partainya. 

Mengawali orasi, OSO dikejutkan dengan nyanyian dan ucapan selamat ulang tahun dari ribuan kader Partai Hanura. 

BACA JUGA: Kosgoro 1957 Pastikan Dukungan untuk Bahlil di Munas Golkar

Ya, OSO berulang tahun yang ke-74, tepat di hari pembukaan munas. 

OSO pun tampak tersenyum haru melihat ribuan kader yang mengucapkan selamat ulang tahun kepadanya.

Tak lama berselang, pria kelahiran Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat (Kalbar), 18 Agustus 1950, ini pun melanjutkan orasi politiknya.

OSO mengatakan munas merupakan agenda politik lima tahunan, yang tidak hanya untuk memilih ketua umum. 

Akan tetapi, lanjut dia, juga merumuskan berbagai program strategis bagi masa depan yang didasarkan atas catatan-catatan kritis masa lima tahun yang telah dilewati.

Menurut OSO, banyak suka duka yang sudah dilalui bersama kader selama delapan tahun diberi mandat pertama memimpin Hanura.  

"Suka dan duka telah kita lewati bersama-sama, tantangan yang tidak mudah dan gangguan serta rongrongan yang ingin menghancurkan partai kita telah kita hadapi dengan kemenangan yang hingga saat ini kita masih berdiri kokoh, seiring sejalan bersama," kata OSO di hadapan ribuan kadernya. 

Menurut OSO, hal ini merupakan bukti bahwa semangat yang dilatarbelakangi persahabatan, persaudaraan, telah membentuk solidaritas, militansi sebagai petarung-petarung Partai Hanura.

"Yang selalu siap menghadapi segala tantangan, dalam setiap medan pertempuran. Bangkit, Jaya, Menang, Hanura" kata OSO disambut tepuk tangan meriah dari ribuan kader.

Mantan wakil ketua MPR RI itu mengatakan bahwa kerja-kerja politik selama lima tahun serta hasil-hasilnya, harus berani dijadikan pelajaran.

"Berani mengakui kekurangan, bukanlah sebuah hinaan. Bangkit untuk memperbaiki keadaan adalah sebuah keharusan, dan memenangkan masa depan adalah kesadaran," ungkap mantan ketua DPD RI itu.

Lebih lanjut OSO mengatakan bahwa kerja-kerja politik selama lima tahun serta hasil-hasilnya, harus berani dijadikan pelajaran dan tidak saling menyalahkan. 

"Jika di Pileg 2024 belum mencapai target sebagaimana yang ditetapkan, jika partai kita di Pemilu 2024 belum lulus ke Senayan sebagaimana yang menjadi harapan, jika di Pilpres 2024 calon yang kita dukung belum mampu kita menangkan, mari jadikan semua ini sebagai pelajaran dengan kesadaran yang tidak perlu di antara kita saling menyalahkan," katanya.

"Ini masalah kita bersama yang harus kita pikul bersama, dan mendorong kita untuk terus bangkit bersama-sama," kata OSO memberi semangat untuk kader Hanura. 

Seusai menyampaikan orasi politik, OSO didampingi Sekjen Partai Hanura Benny Rhamdani, Wakil Ketua Umum Harian Herry Lontung Siregar, dan sejumlah pengurus, memukul gong 10 kali tanda dibukannya Munas IV Partai Hanura.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Munas IV Hanura dibuka," ucap OSO. 

Ketua Panitia Munas Partai Hanura Syafrial Arial mengatakan bahwa dari 514 DPC, hanya tiga yang tidak bisa datang karena alasan transportasi. Sementara, 38 DPD Partai Hanura se-Indonesia.

"Jadi, (yang hadir) ada 1.440 kader Partai Hanura," kata Syafrial.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada kader baik dari DPC dan DPD yang sudah hadir di Munas.

"Terima kasih juga kepada kader, DPC, DPD yang patuh dan taat aturan Partai Hanura," ungkapnya didampingi Ketua DPD Partai Hanura Bali I Kadek Arimbawa. (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler