Buka PON Papua dengan Wajah Semringah, Jokowi: Saya Merasa

Sabtu, 02 Oktober 2021 – 23:25 WIB
Presiden Joko Widodo tersenyum gembira sebelum menyampaikan sambutannya pada pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX Papua di Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan,Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10). Foto : PB PON XX PAPUA/Silvester Korwa

jpnn.com, JAYAPURA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuka pelaksanaan PON XX Papua dalam rangkaian opening ceremony yang mengagumkan pada Sabtu (2/10) malam.

Jokowi pun tampak semringah ketika membuka perhelatan multievent nasional tersebut di Stadion Lukas Enembe.

BACA JUGA: Pembukaan PON XX Papua, Jokowi Ikut Main Bola di Lapangan

Pada kesempatan itu. Presiden Ketujuh RI tersebut didampingi oleh sejumlah menteri kabinet hingga kepala daerah. Selain tuan rumah Gubernur Lukas Enembe, tampak hadir Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Suami Iriana itu pun tidak bisa menyembunyikan perasaan bahagia ketika membuka PON Papua di Stadion Lukas Enembe yang megah itu.

BACA JUGA: Ternyata Ini Tempat yang Disiapkan Kapolri untuk Novel Baswedan Cs

"Perasaan saya dan perasaan saudara-saudara pasti sama, kita bangga ada di tanah Papua. Dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON XX, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua," kata Jokowi.

Dia menyebut pelaksanaan PON di Papua sebagai pembuktian ada kemajuan di provinsi itu, sekaligus menunjukkan kesiapan infrastruktur di Bumi Cenderawasih.

BACA JUGA: Bu Risma Marah-Marah soal Data Bansos, Kapitra Menanggapi Begini

"Dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional," lanjut mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Opening ceremony PON Papua itu dipandu oleh sejumlah artis papan atas. Sebut saja, Raffi Ahmad, Intan Saumadina, Piter Ginuny, dan Irsa Yoku.

Warga Papua maupun seluruh atlet dan official yang hadir di stadion Lukas Enembe juga dihibur oleh penampilan penyanyi top ibu kota, antara lain ada Tulus dan Ruth Sahanaya.

Kemudian, ada pula sejumlah musisi asli Bumi Cendrawasih kenamaan, seperti Edo Kondologit, Trio Papua, Michael Jakarimilena, dan Albert Fakdawer hingga NOwela, ambil bagian dalam acara pembukaan PON Papua.

PON XX Papua digelar di empat lokasi, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Sebanyak 56 cabang olahraga akan dipertandingkan dengan jumlah peserta sekitar 10.000 atlet dan official dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. (mcr16/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Muhammad Naufal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler