Buka Program Pengijauan Nasional, PDIP Tanam Pohon hingga Bersihkan Sungai Kalimalang

Minggu, 15 Januari 2023 – 10:49 WIB
PDI Perjuangan menggelar program Penghijauan Nasional di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (15/1). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - PDI Perjuangan menggelar program Penghijauan Nasional di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (15/1).

Program yang diinisiasi oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu dipusatkan tepi Sungai Kalimalang, Tambun Selatan.

BACA JUGA: Faktor Penentu Kemenangan PDIP Bukan Hanya Megawati, yang Bilang Haryadi

Kegiatan ini diikuti oleh ribuan kader partai yang dibuka dengan senam Sicita, menanam pohon, dan melepasliarkan ikan di bantaran sungai.

Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono mengatakan kegiatan Penghijauan Nasional di tepian Sungai Kalimalang ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-50 partai.

BACA JUGA: Megawati Buka Suara Soal Capres 2024, Berasal dari Kader PDIP

Ono menyebut bahwa Ketua Umum Megawati Soekarnoputri telah menginstruksikan kader untuk turun ke bawah di tengah-tengah rakyat.

"Kegiatan Penghijauan Nasional ini bukan hanya di Kabupaten Bekasi, tetapi dilaksanakan di 27 kabupaten/kota dan pada hari yang sama jam yang sama teman-teman di 27 Kabupaten/Kota juga melaksanakan menanam pohon bersih-bersih sungai," kata Ono Surono dalam sambutannya di acara itu.

BACA JUGA: Di HUT PDIP, Jokowi Merespons soal Penangkapan Lukas Enembe, Begini Katanya

Anggota DPR RI itu juga menyebutkan pihaknya melakukan penanaman pohon sebanyak 50 ribu bibit di Jawa Barat.

"Sesuai dengan hari ulang tahun PDI Perjuangan," jelas Ono.

Di sisi lain, Ono menjelasan pihaknya sedang memperjuangan ekspedisi Trisakti yang terfokus pada tiga hal penting. Pertama, pencegahan dan penanganan stunting.

Kedua, rehabilitasi lahan kritis dan pemanfaatan kebun dan pekarangan rakyat.

"Di mana saat ini sudah ada 130 hektare yang dikelola oleh DPD PDI Perjuangan se-Provinsi Jawa Barat," imbuhnya.

Ketiga, lanjut Ono, melaksanakan kegiatan untuk pendampingan terhadap keluarga dalam menciptakan menu inovasi berbasis pangan lokal yang murah dan bergizi.

Pj Bupati Kabupaten Bekasi Dani Ramdan mengapresiasi kegiatan Penghijauan Nasional itu.

Dani menyebutkan kegiatan penanaman pohon dan pembersihan sungai ini merupakan kegiatan emas.

Hal itu, kata Dani, sesuai dengan semangat HUT ke-50 PDIP yang juga merayakan ulang tahun emas.

"Penanaman pohon bantaran sungai sangat strategis," kata Dani Ramdan.

Selain menjaga lingkungan, juga mencegah bangunan liar tumbuh.Tentu, Dani berharap lewat aksi penanaman pohon oleh DPD PDIP Jabar ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih, tamanan itu pohon buah-buahan.

"Masyarakat mendapat hasil dari pohon buah-buahan yang ditanam ini, peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kami ajak semua pihak bersama-sama memelihara tanaman ini bisa tumbuh subur dan berbuah," harap Dani.

Sementara, Ketua DPC PDIP Kabupaten Bekasi Soleman mengatakan penanaman akan dilakukan di hamparan lahan seluar tiga hektare. Di mana, hari ini akan ditanami dua hektare dan sebanyak 500 pohon jambu kristal dan mangga indramayu di tepian Sungai Kalimalang.

"Pematangan lahan dilakukan empat hari dibantu BPBD Kabupaten Bekasi. Akan dilanjutkan pematangan lahan dan penanaman pohon di daerah pesisir Kalimalang," jelas Soleman.

Hadir dalam acara itu juga Ketua DPP PDIP Sukur Nabanan, Ketua DPP PDIP Tri Rismaharini, Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono, Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka hingga Anggota DPR RI Nico Siahaan. (tan/JPNN)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Megawati Masih Menyimpan Rahasia, Hadirin HUT ke-50 PDIP Tepuk Tangan


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler