Buka Rakernas KSBSI, Menaker Ida Fauziyah Sampaikan Pesan Penting Ini ke Serikat Buruh

Jumat, 09 Agustus 2024 – 06:31 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (duduk depan, lima dari kiri) saat menghadiri acara pembukaan Rakernas Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/8). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, BANDUNG - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengajak organisasi pekerja/buruh maupun pengusaha bersama-sama dengan pemerintah untuk terus menggaungkan nilai-nilai luhur hubungan industrial Pancasila (HIP).

Langkah ini bertujuan mewujudkan hubungan industrial yang harmonis di perusahaan.

BACA JUGA: Kemnaker Apresiasi Konsistensi KSBSI yang Terus Menyuarakan Nasib Pekerja

Menaker Ida Fauziyah meyakini berpedoman dengan HIP akan lebih mudah bagi pelaku hubungan industrial untuk menciptakan kondisi hubungan industrial yang harmonis dan mendukung pembangunan perekonomian bangsa.

"Saya ingin mengajak para pelaku hubungan industrial untuk menerapkan HIP di perusahaan, agar nantinya tercipta kelangsungan berusaha dan keharmonisan hubungan kerja sehingga tercapai kesejahteraan bersama, " kata Menaker Ida Fauziyah saat membuka Rakernas Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/8).

BACA JUGA: Desak Jokowi Batalkan Cipta Kerja, KSBSI Bakal Demo Beruntun di Depan Istana

Dia mengingatkan serikat pekerja/buruh sebagai organisasi pekerja yang bersifat bebas, terbuka, mandiri demokratis, dan bertanggung jawab, agar terus memiliki perhatian dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM anggotanya sehingga dapat terus produktif dan bersaing di era globalisasi dan transformasi digital.

Menaker Ida Fauziyah juga meminta serikat pekerja/buruh melakukan dialog secara komprehensif guna memperkuat relevansi gerakan pekerja/buruh dalam perjuangannya agar merespons perubahan-perubahan kedinamisan hubungan industrial di era digital saat ini.

BACA JUGA: HUT Ke-77 Kemnaker, Wamenaker Afriansyah Titip Pesan untuk Jajaran Karyawannya

"KSBSI harus terus dapat memperkuat soliditas dan solidaritas organisasi untuk membangun jalinan kemitraan strategis dalam upaya mewujudkan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan sehingga menjadi katalisator bagi perkembangan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan pekerja/buruh," pesan Menaker Ida Fauziyah.

Dia berharap Rakernas KSBSI mampu menghasilkan program dan kegiatan yang lebih konkrit dan konstruktif.

"Tak hanya bermanfaat bagi profesionalisme KSBSI, tetapi juga bagi anggota KSBSI guna memberikan perlindungan dan meningkatkan kesejahteraan," harapnya.

Sementara itu, Elly Rosita Silaban mengatakan KSBSI menyambut positif ajakan untuk mengimplementasikan HIP.

Sebab, menurut dia, pekerja/buruh adalah salah satu pihak yang menjadi penentu untuk memastikan HIP dapat berjalan dan dilakukan di tempat kerja.

"Dukungan ini sejalan dengan sila keempat dasar negara kita Pancasila dan ini dapat dipastikan dapat dilakukan melalui dialog sosial," tegas Elly Rosita Silaban. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler