Bukan Dirjen, Seharusnya Budi Arie yang Mundur Soal Peretasan PDNS

Kamis, 04 Juli 2024 – 18:38 WIB
Politikus PDIP Effendi Simbolon. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon menyebut Menkominfo Budi Arie Setiadi seharusnya menjadi pejabat yang mundur setelah muncul insiden peretasan peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS).

Dia berkata demikian saat ditanya awak media soal mundurnya Dirjen Aptika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan setelah Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) diretas.

BACA JUGA: Dirjen Aptika Mundur Setelah Peretasan PDNS, Kang TB Bilang Begini 

"Harus menterinya yang mundur, kalau enggak mundur, ya, dipecat," kata Effendi ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7).

Dia menyebut pejabat sekelas dirjen boleh saja bersikap ksatria dengan mundur setelah PDNS diretas yang masuk kategori fatal.

BACA JUGA: Server PDNS Diretas, Ini 3 Rekomendasi Pusat Studi dan Analisa Keamanan Indonesia

Namun, kata Effendi, menteri sebagai pengguna anggaran bisa mundur setelah insiden PDNS demi menjaga harkat pemerintahan era Joko Widodo (Jokowi).

"Dirjen-dirjen yang ingin memulai dengan satria saya kira boleh-boleh saja, tetapi kesatria, dong, menteri, dengan ini saya ambil tanggung jawab saya menyatakan mundur," lanjut dia.

BACA JUGA: Server PDNS Diretas, Guru Besar IT: Tidak Ada Sistem yang Dijamin Keamanannya

Effendi berharap para menteri era Presiden terpilih RI Prabowo Subianto bisa maksimal bekerja buat pemerintah.

Dia pun menyarankan Prabowo bisa memilih menteri kabinet mendatang dengan melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan.

"Jadi, di era Pak Prabowo nanti ini enggak boleh ada kompromi. Jadi, kami berharap memilih kabinet ini jug kalau perlu fit anf proper test semualah, lewat publik, lah," kata Effendi.

Sebelumnya, Semuel dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis ini menyatakan mundur dari pos Dirjen Aptika Kemenkominfo.

Semuel merasa memiliki tanggung jawab dalam penyelesaian kasus peretasan PDNS dan mengambil tanggung jawab secara moral terhadap terjadinya insiden itu.

"Secara teknis itu tanggung jawab saya sebagai dirjen pengampu secara teknis, jadi saya mengambil tanggung jawab ini dan saya menyatakan harusnya selesai di saya. Ini masalah yang harusnya saya tangani dengan baik, itu adalah alasan," kata Semuel di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Kamis. (ast/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Takkan Penuhi Tuntutan USD8 Juta kepada Penyerang PDNS 2


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler