Bukan Friendly Biasa

Rabu, 14 November 2012 – 08:16 WIB
AMSTERDAM - Status friendly game tidak akan menurunkan panasnya tensi bentrok Belanda versus Jerman dini hari nanti di Amsterdam Arena. Apalagi, Belanda masih menyisakan dendam setelah tersingkir di Euro 2012 lalu.
   
Pada Euro 2012 lalu, Belanda berada satu grup dengan Jerman di grup B yang disebut sebagai grup neraka. Tim berjuluk Oranje itu tersisih setelah selalu kalah dalam tiga laga, yakni melawan Denmark 0-1, Jerman 1-2, dan Portugal 1-2.
   
Tersingkir tanpa angka benar-benar menjadi petaka buat Belanda yang dua tahun sebelumnya menjadi finalis Piala Dunia 2010. Makanya, momen kembali bersua Jerman ini berpotensi dijadikan sebagai ajang pembuktian kualitas Belanda sebenarnya.
   
"Ini tidak akan menjadi pertandingan friendly biasa. Rivalitas kedua tim terlalu kuat. Belanda juga punya niat yang kuat untuk membelas dendam atas kegagalan di Euro 2012 lalu. Kami siap menantikannya," jelas Oliver Bierhoff, manajer umum Jerman, seperti dikutip Bild.
   
Hanya, Jerman tidak bisa turun dengan kekuatan terbaiknya tatkala menantang Belanda. Mereka kehilangan Mesut Oezil, Miroslav Klose, Sami Khedira, Holger Badstuber, Jerome Boateng, Marcel Schmelzer, Bastian Schweinsteiger, dan Toni Kroos.
   
Itu daftar yang panjang. Parahnya lagi, hampir semua pemain itu adalah pemain yang biasanya mengisi starter Jerman. Yang mengenaskan adalah di lini depan. Pelatih Joachim Loew sama sekali tidak membawa striker murni.
   
Cederanya Klose membuat Loew kehabisan opsi. Sebab, biasanya dia yang mengisi posisi itu sejak Mario Gomez cedera. Tampaknya Loew akan mempercayakan Podolski yang biasanya di sayap sebagai target man. Dia akan ditopang Thomas Mueller, Marco Reus, dan Mario Gotze.
   
Belanda juga tidak turun dengan kekuatan terbaiknya. Striker Manchester United Robin van Persie mendadak cedera. Sebelumnya mereka sudah kehilangan kiper Maarten Stekelenburg, Wesley Sneijder, dan Kevin Stootman.
   
Winger Belanda Arjen Robben menilai, tekanan lebih besar kepada Jerman jelang pertandingan dini hari nanti. "Mereka ingin memperbaiki harga diri mereka setelah imbang 4-4 melawan Swedia (di kualifikasi Piala Dunia 2014). Fans mereka ingin hasil nyata," kata Robben. (ham)

Perkiraan Pemain


Belanda (4-3-3)
Pemain    : Krul (g); Van Rhijn, Heitinga, Martins Indi, Willems; Van Ginkel, De Jong, Van der Vaart; Kuyt, Huntelaar, Robben
Pelatih    : Louis van Gaal

Jerman (4-2-3-1)
Pemain    : Neuer (g); Howedes, Hummels, Mertesacker, Lahm; L. Bender, S. Bender; Muller, Gotze, Reus; Podolski
Pelatih    : Joachim Loew
BACA ARTIKEL LAINNYA... Djokovic Raja Dunia

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler