Buku Kurikulum 2013 Proses Finalisasi

Rabu, 27 Februari 2013 – 16:43 WIB
JAKARTA - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini tengah melakukan proses akhir terhadap buku kurikulum 2013 yang akan disalurkan secara gratis ke satuan pendidikan. Begitu selesai, penggandaan buku akan dilelang dan pemenang tender bertangung jawab mendistribusikannya ke sekolah yang telah ditetapkan.
 
“Dokumen kurikulum sudah selesai. Hari ini buku sedang dikaji oleh dosen dan guru yang ditunjuk,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan, Musliar Kasim di Kemdikbud, Rabu (27/2).
 
Musliar mengatakan, implementasi kurikulum 2013 akan dimulai pada bulan Juli mendatang. Karena itu, proses pelelangan, pelaksanaan pekerjaan, dan pendistribusian buku harus diselesaikan pada akhir Juni nanti.

“Bukunya disiapkan dari Jakarta. Kemudian buku akan dikirimkan oleh pemenang lelang ke sekolah,” jelas mantan Rektor Unand Padang itu.
 
Adapun jumlah buku yang akan didistribusikan sama dengan jumlah siswa dalam satu kelas. Misalnya, jika ada 30 peserta didik maka akan dikirimkan 30 buku, ditambah dengan buku pegangan guru dan buku agama.
 
Seperti diketahui, proses penyiapan buku kurikulum 2013 yang akan disalurkan secara gratis ke sekolah ditargetkan selesai pada akhir bulan ini. Selanjutnya, buku ini akan digunakan untuk pelatihan guru.
 
Pihaknya juga memastikan semua sekolah yang telah ditetapkan untuk melaksanakan kurikulum 2013, gurunya akan dilatih. Buku panduan untuk guru juga disiapkan. “Jadi tidak mungkin guru tidak paham kurikulum ini,” katanya.
 
Ditambahkannya, implementasi kurikulum 2013 juga mencakup madrasah meliputi madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, dan madrasah aliyah. “Tinggal menambahkan mata pelajaran sesuai dengan yang sudah berlaku selama ini,” katanya.(fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kampus Negeri BLU Rawan Korupsi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler